Senin, 31 Agustus 2015

Samsung luncurkan SWAP, platform messaging untuk Tizen dan Android


SWAP singkatan dari Social Web Application Platform. SWAP menyediakan platform untuk pengembangan dan perilisan aplikasi web yang bisa untuk dibagikan dan dinikmati bersama-sama dalam chatroom messenger. Para pengguna bisa memiliki pengalaman berbagi aplikasi dengan mudah seperti konten (stiker, emoticon, gambar, dan video). Para pengembang web bisa memiliki kesempatan untuk menghasilkan uang dengan mengembangkan aplikasi web melalui In-App-Purchase. SWAP adalah komponen kunci untuk menciptakan ekosistem yang scalable dan extensible untuk aplikasi web pada lingkungan mobile.

Ide SWAP keluar selama mencari cara untuk berbagi proyek "Promise" (yang dimulai di Creative Lab di Software Center milik Samsung Electronics) dengan mudah dengan teman-teman pada tahun 2013. Pada saat itu, berbagai pertanyaan-pertanyaan menarik mulai muncul, seperti "Bagaimana berbagi aplikasi interaktif dengan teman-teman di chatroom selain berbagi konten statis seperti emoticon dan stiker", "Bagaimana menjalankan aplikasi yang tidak perlu di-download dan di-instal?", dan "Jika aplikasi menggunakan informasi dari chatroom, pengembang bisa membuat dan mendistribusikan aplikasi yang tidak perlu bergabung/mendaftar, mengundang teman-teman, dan membuat kelompok sosial." Semuanya dimulai dari ide-ide ini dan mulai diterapkan secara konkret sejak 2014.

Aplikasi pertama yang telah diluncurkan adalah "Socializer" untuk smartphone Android sebagai uji coba versi beta. SWAP launcher yang menghubungkan antara messenger dan aplikasi web akan diimplementasikan untuk Android dan Tizen. Ini akan memakan waktu sekitar satu minggu untuk menerapkan SWAP launcher untuk meesenger yang Anda miliki. Samsung berencana untuk meng-upgrade kualitas dalam pengujian beta dan diterapkan untuk sebanyak mungkin messenger yang ada.

SWAP bertujuan untuk menjadi platform yang cepat, ringan, dan relasional. Jadi jenis aplikasi web yang akan didukung adalah game kasual interaktif dan utilitas dalam percakapan. Aplikasi web berjalan pada browser mobile, jadi lebih dibutuhkan aplikasi web ringan yang tepat daripada yang kaya grafis dan memerlukan kinerja tinggi.

Jika teman Anda sudah menginstal aplikasi "Socializer", Anda bisa memilih aplikasi web untuk berbagi dengan teman-teman Anda seperti gambar dibawah ini setelah bergabung melalui chatroom.


Jika teman Anda belum menginstal "Socializer", Anda bisa berbagi URL instalasi dengan teman Anda dalam menu pengaturan seperti gambar di bawah ini.


Semua aplikasi web yang ada di SWAP akan bisa digunakan secara gratis tapi aplikasi web dengan In-App-Purchase bisa hadir di masa depan karena semua orang ingin membangun toko aplikasi untuk aplikasi web dan semua orang bisa membuat aplikasi web dan mendaftarkan aplikasi mereka ke toko aplikasi. Namun, tidak akan ada biaya untuk menjalankan dan berbagi aplikasi web untuk sekarang ini dan selamanya.

Bagaimana soal keamanan informasi pribadi? Aplikasi web bisa mendapatkan informasi dari chatroom menggunakan SWAP javascript API. Informasi ini berisi pengidentifikasi pengguna yang digunakan oleh messenger secara internal, nickname pengguna, dan gambar profil pengguna. Pengidentifikasi pengguna ini terutama terdiri dari karakter dan angka yang tidak berarti apa-apa di luar messenger. Selain itu, julukan dan profil gambar bisa dibuka oleh pengguna di messenger dan teman lain juga akan bisa melihatnya di messenger. Dengan kata lain, informasi ini tidak dilewatkan pada aplikasi web kecuali informasi yang dibuka oleh pengguna di messenger.

Secara umum, tujuan dari SWAP adalah untuk membangun ekosistem untuk aplikasi web mobile dengan keuntungan jangka pendek. Samsung ingin membangun model bisnis melalui penciptaan "toko aplikasi web (web store)" sebesar toko aplikasi lainnya yang ada saat ini dan membuatnya bervariasi. Aplikasi web yang berjalan pada Android tentunya juga akan bisa berjalan pada Tizen. Jadi Samsung ingin menggunakan cara ini sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan ekosistem aplikasi pada Tizen.




Social Web App Platform

The mobile web platform for development and distribution of mobile web applications based on social service. We make ecosystem that developers make a profit on web applications and users can share the web applications easier.

More Than Messaging - Sharing Action

Send applications in chat room and interact with chat members in real time

Shifting From Possession To Access

Access to web application's URL without downloading and installation

Connecting the Messenger and the WebApps

Provide to web application with chat room information and send execution result from web application to messenger

Messenger Users

Share and use web applications in chat room more easily No need to download and install when using the application

Web Developers

Develop web application independently from platform and messenger (one source multi-use) Utilize social information of the messenger easily

Content Providers

Make money using In-App-Purchase and advertisement Operate store independently from platform and messenger


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar