Kamis, 30 Juli 2015

Tizen 2.3.1 dan Tizen 2.4 Beta diluncurkan di Bengaluru


Tizen Developer Summit (TDS) telah diadakan di Bengaluru, India antara 30-31 Juli 2015. TDS merupakan acara global tahunan yang disponsori oleh Samsung Electronics dan Tizen Association untuk membantu pengembang aplikasi dan platform lokal yang tertarik dalam memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekosistem Tizen. TDS juga telah menarik perusahaan dan organisasi seperti InMobi, Unity, Airtel dan Nasscom.

TDS menawarkan kesempatan yang baik untuk belajar dari pengembang inti Tizen dan memahami teknologi di balik platform Tizen, pengembangan aplikasi, porting, dan monetisasi melalui Tizen Store. Acara dua hari terdiri dari pembicara utama, sesi teknis dan lokakarya untuk para pengembang aplikasi, desainer platform dan Independent Software Vendor (ISV) untuk memahami teknologi dalam platform Tizen. Beberapa diskusi dan sesi berbagi pengetahuan diadakan untuk mendidik, melibatkan dan menggairahkan pengembang yang ada dan yang potensial.

"TDS 2015 Bengaluru sangat penting karena hampir setengah dari aplikasi di Tizen Store diciptakan oleh pengembang dari India. Hal ini mencerminkan kesempatan besar di India di mana basis besar pengembang platform dan aplikasi terus menunjukkan minat yang signifikan untuk mengembangkan OS Tizen dan aplikasi yang berkualitas tinggi," kata Dr Aloknath De, Chief Technology Officer dan VP-Samsung R&D Institute India Bangalore.


"Ini juga merupakan Summit pertama yang diselenggarakan di latar belakang dari produk yang tersedia secara komersial, misalnya, smartphone Samsung Z1, yang terjual lebih dari satu juta unit sejak diluncurkan dan Sistem Operasi Tizen yang menjalankan SUHD TV yang baru saja diluncurkan di India," tambah Dr Aloknath De.

Pidato utama disampaikan oleh Dr. Aloknath De pada upgrade fitur pada platform Tizen, kebutuhan untuk platform terbuka, perangkat Tizen saat ini dan peluang baru di ruang Internet of Things (IoT). Ajay Kumar, Sekretaris Bersama Departemen Elektronika dan Informatika di Pemerintah India, menunjukkan pada hadirin tentang inisiatif 'Digital India' dan bagaimana open source memainkan peran penting dalam e-governance, kewirausahaan dan mengubah India menjadi ekonomi berpengetahuan.

Pembicara lainnya termasuk Naveen Tewari, CEO dari InMobi, yang berbicara pada evolusi monetisasi mobile dari banner ke iklan native ke fitur iklan yang lebih canggih dan dampaknya terhadap pengembang Tizen. Sanjeev Kashyap, CTO dan Kepala Satellite Network Group di Airtel, berbicara tentang pertumbuhan dan perubahan dalam pola DTV pemirsa India, tuntutan aplikasi unik dari Samsung Smart TV dan rencana untuk aplikasi yang akan datang pada platform Tizen.


Software Development Kit (SDK) baru dirilis

SDK baru, Tizen 2.3.1 dan Tizen 2.4 beta diumumkan saat TDS. SDK baru, Tizen 2.3.1 dapat diintegrasikan dengan wearable yang memungkinkan pengembang untuk membangun jenis baru dari aplikasi wearable yang siap untuk distribusi komersial. SDK ini juga mendukung pengembangan aplikasi native yang membuat semua aplikasi menjadi lebih ringan.




Tizen 2.4 Beta meliputi Dynamic Animation Library (DALi) untuk aplikasi full 3D yang akan dibangun. Ini menjanjikan performa tinggi, daya rendah, dan juga konsumsi memori yang kecil. Cloudbox memungkinkan pengguna untuk mendapatkan lebih banyak konten dari beberapa sistem Cloud. Sementara Contextual Triggers membantu untuk menyesuaikan fungsi Tizen berdasarkan perilaku pengguna.




Tizen OS menawarkan kemampuan aplikasi di perangkat mobile, wearable, TV, dan peralatan rumah lainnya, dan ini berpotensi membuka jalan bagi peluang konvergensi yang luar biasa di kategori perangkat. TDS menawarkan solusi yang unik dan inovatif untuk berbagai pencipta konten dan itu adalah cara terbaik untuk berinteraksi dengan pengembang lokal dan perusahaan yang bekerja dalam ekosistem Tizen.


Juga ikut diumumkan bahwa Tizen Developer Conference (TDC) berikutnya akan diselenggarakan pada 17-18 September 2015 di Shenzhen, Cina. TDC merupakan acara tahunan untuk pengembang open source dan pengembang aplikasi terbuka yang tertarik untuk berkontribusi dalam pertumbuhan ekosistem Tizen di seluruh dunia.


Foto-foto diambil dari akun Twitter @SamMobiles

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar