Jumat, 17 Juli 2015

Samsung luncurkan proyek open source IoT.js dan JerryScript


IoT Solution Lab dari Samsung Software Center hari ini mengumumkan proyek IoT.js dan JerryScript untuk pengembangan ekosistem Internet of Things (IoT). Kedua proyek software open source ini dibuat sangat ringan untuk bisa digunakan oleh produk-produk IoT yang paling kecil sekalipun.

Seperti kita tahu, teknologi IoT menghubungkan ini menghubungkan segala sesuatu atau "Things" dan Things ini menjadi pintar atau smart karena adanya hubungan antara satu sama lain. Namun untuk saat ini masih ada beberapa hambatan dimana masing-masing perangkat memerlukan aplikasi dan/atau layanan sendiri untuk bisa saling terhubung.

IoT.js bertujuan untuk menyediakan platform layanan inter-operable di dunia IoT, berbasis teknologi web. Target IoT.js adalah untuk bisa berjalan di perangkat yang memiliki sumber daya yang sangat terbatas seperti perangkat yang hanya memiliki beberapa kilobyte RAM yang tersedia. Oleh karena, IoT.js akan mendukung rentang "Things" yang sangat luas.

Menurut Lee Sung-jae, pimpinan proyek IoT.js dari Samsung Software Center, pengembangan proyek IoT.js telah dimulai sejak bulan Maret tahun lalu. Tim pimpinan Lee Sung-jae yang terdiri dari 4 anggota elit Samsung Software Center menghabiskan waktu 6 bulan untuk bisa menghadirkan prototype dari IoT.js.

Berdasarkan deskripsi dari proyek, IoT.js adalah framework untuk "Internet of Things" yang dibangun di atas interpreter JavaScript 'JerryScript' yang ringan dan libuv untuk event driven (non-blocking I/O model) yang mirip dengan Node.js. Menurut Lee Sung-jae, IoT.js ini hanya mengambil langkah pertama dan mereka ingin untuk bisa bekerja bersama-sama dengan pengembang lainnya yang memiliki kepentingan pada tujuan yang sama.

Tim Inti Pengembang IoT.js dan JerryScript dari Samsung Software Center

Sedangkan JerryScript yang menjadi inti dari IoT.js, adalah JavaScript engine ringan yang dimaksudkan untuk berjalan pada perangkat yang memiliki sumber daya sangat terbatas seperti mikrokontroler:
  • Hanya beberapa kilobyte RAM yang tersedia untuk engine (<64 KB RAM)
  • Ruang ROM yang terbatasi untuk kode engine (<200 KB ROM)

JerryScript mendukung kompilasi dan eksekusi on-device serta menyediakan akses ke peripheral dari JavaScript. Penamaan JerryScript ini terinspirasi oleh kartun Tom & Jerry, dimana Jerry lebih kecil namun tangguh.

Jika Anda ingin berkontribusi pada pengembangan IoT.js bisa menuju ke www.iotjs.net dan untuk JerryScript di www.jerryscript.net


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar