Senin, 13 Juli 2015

Keluarga Facebook mendarat di Tizen Store


Pengguna smartphone Samsung Z1 mulai hari ini sudah bisa menggunakan layanan Facebook Messenger dan Instagram yang telah tersedia di Tizen Store, melengkapi WhatsApp yang telah lebih dulu hadir sebagai aplikasi native dari Facebook untuk smartphone Tizen. Kehadiran ini menandai kerjasama yang kesekian kalinya antara Samsung dan Facebook dalam pengembangan ekosistem untuk perangkat Tizen.

Facebook merupakan salah satu perusahaan yang sejak awal telah mendukung kehadiran Tizen saat menghadiri Tizen Developer Conference yang pertama di tahun 2012. Samsung juga kemudian juga bergabung menjadi salah satu pendiri layanan inisiatif dari Facebook Internet.org. Kedekatan hubungan antara Facebook dan Samsung juga ditandai dengan sering berkunjungnya CEO Facebook Mark Zuckerberg ke kantor pusat Samsung Electronics di Seoul, yang terakhir adalah pada Oktober kemarin.

Pada bulan Desember kemarin Samsung Electronics mengumumkan bahwa mereka akan menutup layanan messenger ChatON, dan sebagai pengantinya akan memperluas kemitraan dengan Facebook untuk layanan jejaring sosial (SNS) dan mitra strategis lainnya. Samsung berharap dapat menyediakan perangkat yang kompetitif dengan aplikasi yang disediakan oleh Facebook dan mitra strategis lainnya. Iklan mobile dan pasar aplikasi bisa menjadi saluran yang tepat untuk menghasilkan pendapatan yang bisa mengimbangi dampak dari penurunan penjualan perangkat seri Galaxy.

Terkait aplikasi-aplikasi jejaring sosial miliknya, Facebook menjelaskan perbedaannya saat berlangsungnya F8 Developer Event pada akhir Maret kemarin di San Fransisco. Buat yang ingin layanan messaging dan jejaring sosial yang kompleks, Facebook Messenger adalah pilihan utama. Namun buat yang merasa kurang nyaman dengan Facebook Messenger, mungkin bisa mencoba kesederhanaan dari Instagram dan WhatsApp. "Simpel, simpel, simpel selalu menjadi mantra kami," kata pendiri WhatsApp Brian Acton.

Sedangkan menurut salah satu pendiri Instagram Mike Krieger, aplikasi dari perusahaannya adalah untuk menemukan hal-hal besar dan lebih baik melalui foto. Instagram terbaru versi 7.0.0 untuk smartphone Tizen tidak hanya ringan (hanya 9mb), tetapi layout baru, dan hyperlapse untuk melakukan hal-hal yang lebih banyak dengan foto mereka dan membaginya dengan cara yang tidak bisa dilakukan dengan aplikasi lain.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar