Senin, 27 Juli 2015

Kalahkan Galaxy S6, Samsung Z1 terlaris di India selama Q2 2015


Pasar ponsel secara keseluruhan di India mencatat penurunan dalam hitungan tahunan sebesar 2% selama kuartal kedua 2015, namun meningkat dalam hitungan kuartalan sebesar 4%. Samsung Z1 menjadi smartphone yang terlaris di periode ini, termasuk mengungguli Samsung Galaxy S6 yang lebih agresif dipromosikan ke konsumen.

Berdasarkan data penelitian terbaru dari Counterpoint Research untuk Q2 2015 (April-Juni), segmen smartphone meningkat baik dalam hitungan tahunan sebesar 34% maupun kuartalan sebesar 25%. Segmen feature phone mengalami penurunan tajam dengan volume pengiriman turun 19% dalam hitungan tahunan dan 9% dalam hitungan kuartalan. Setelah menurun selama dua kuartal berturut-turut, baik pasar handset dan smartphone secara keseluruhan kembali mengalami pertumbuhan sekuensial.

Samsung memimpin pasar ponsel secara keseluruhan maupun untuk segmen smartphone pada kuartal tersebut dengan pangsa pasar masing-masing 18,7% dan 24,5%.

Menurut Counterpoint Research, Samsung tetap agresif dalam hal promosi selama kuartal ini terutama untuk model flagship Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge. Akibatnya, pengiriman seri Galaxy S6 mengungguli seri iPhone 6 dengan perbandingan 2:1. Namun yang mengejutkan, Samsung Z1 yang berbasis OS Tizen menjadi smartphone terlaris Samsung di India pada kuartal tersebut, berkat poin harga yang pantas, insentif penjualan yang lebih tinggi dan distribusi yang lebih luas.

Terlepas dari semua ini, Samsung Electronics juga mulai merangkul metode e-commerce secara lebih serius melalui peluncuran SKU (stock keeping unit) yang lebih spesifik dan toko merek online sendiri secara eksklusif pada platform e-commerce terkemuka seperti Flipkart yang menguasai 56% untuk penjualan smartphone eksklusif secara online.

Tercatat hampir 30% dari total smartphone yang terjual pada kuartal tersebut dijual melalui saluran online dan penjualan secara online yang 'eksklusif' berkontribusi lebih dari 20% dari total penjualan smartphone. Dan salah satu faktor yang membuat konsumen India menyukai produk Samsung karena dibuat di India. Tercata satu dari lima ponsel yang dikapalkan selama kuartal itu telah memiliki atribut "Made in India".



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar