Swift open source akan menguntungkan Tizen?


Saat berlangsungnya WWDC 2015 pada hari Senin kemarin di San Fransisco, Apple meluncurkan bahasa pemrograman Swift 2.0. Craig Federighi, wakil presiden senior Apple untuk software engineering yang menjadi pembicara utama saat pengumuman ini mengatakan akan membuat Swift menjadi open source pada akhir tahun ini.

"Kami pikir Swift adalah bahasa pemrograman besar berikutnya. Yang kita semua akan melakukan aplikasi dan sistem pemrograman selama 20 tahun yang akan datang. Dan kami pikir Swift harus di mana-mana dan digunakan oleh semua orang. Dan kita akan melakukan sesuatu yang benar-benar besar. Hari ini kami mengumumkan bahwa Swift akan open source," kata Craig Federighi. "Kami akan menggelar compiler dan standard library untuk iOS, OSX dan Linux."

Dalam blog untuk pengembang, Apple menjelaskan kriteria dari open source untuk Swift yang antara lain sebagai berikut:
  • Source code Swift akan dirilis di bawah lisensi OSI-approved permissive license (OSI = Open Source Initiative).
  • Kontribusi dari komunitas akan diterima dan didorong.
  • Saat peluncuran, Apple akan memberikan kontribusi porting untuk OS X, iOS, dan Linux.
  • Source code akan mencakup compiler Swift dan standard library.

Jim Zemlin, Direktur Eksekutif dari Linux Foundation, langsung menyambut baik langkah Apple ini. "Ini adalah langkah yang cerdas untuk Apple dan kemenangan besar bagi komunitas pengembang. Apple telah lama dihargai pengembang, tapi minggu ini mengadopsi strategi kunci yang telah menjadi pendekatan de facto dengan bahasa pemrograman: open source," katanya. "Ketika kita bergerak lebih dalam kompleksitas Internet of Things (IoT), komputasi mobile dan teknologi otomotif (medan perang utama dalam teknologi), Apple, Microsoft, Facebook, Amazon, Google dan banyak lainnya melihat ke software open source untuk memajukan inovasi dalam area ini."

Simon Phipps mantan direktur OSI sangat berhati-hati dalam menanggapi hal ini. "Sementara setiap bagian tambahan dari software open source memperluas kesempatan bagi kebebasan software, pertanyaan penting untuk sebuah bahasa pemrograman itu sendiri bukannya open source atau tidak tetapi apakah memungkinkan untuk membuat software open source dengan itu. Bahasa pemrograman adalah perekat untuk SDK, API dan library. Nilai sebenarnya dari Swift adalah apakah itu realistis untuk bisa digunakan di mana saja bukan cuma untuk produk Apple saja."

Sementara buat Florian Mueller, pakar paten yang terkait dengan software dan teknologi mobile, keputusan Apple ini bisa menguntungkan buat Tizen. "Apple pasti telah berpikir tentang apa yang mungkin akan dilakukan oleh Microsoft dan Google (dan lainnya) sekarang. Microsoft akan diuntungkan, dan aku bisa melihat Tizen bisa mengambil manfaat dengan cara yang sama. Google memiliki basis pengembang besar yang senang dengan Java, dan jika pernah ingin mengganti Java, ada beberapa bahasa alternatif yang sudah berkembang selama beberapa waktu," katanya. "Apple mungkin merasa bahwa baik Windows maupun Tizen masih belum menjadi ancaman, tidak peduli seberapa kecil usaha untuk memporting aplikasi Swift untuk platform tersebut yang mungkin terjadi di masa depan. Apel bahkan bisa berharap bahwa pangsa pasar yang lebih besar untuk Windows dan Tizen hanya akan merugikan Google (membagi dan menaklukkan, semacam itu)."



Comments