Minggu, 07 Juni 2015

Samsung Pay akan meluncur bersamaan dengan Next Gear


Layanan pembayaran mobile Samsung Pay akan menjadi salah satu fitur andalan dari Next Gear (nama sementara) atau smartwatch Samsung berikutnya dengan memanfaatkan teknologi near-field communication (NFC) maupun barcode. Baik Samsung Pay dan Next Gear memang telah dijadwalkan untuk meluncur pada paruh kedua tahun ini.

Menurut sumber industri di Korea hari ini, Samsung Electronics telah melakukan pembicaraan dengan beberapa perusahaan kartu kredit dan perbankan untuk mendiskusikan tentang penerapan layanan pembayaran mobile ini pada perangkat wearable serta melakukan kesepakatan yang konkret. "Kita akan meluncurkan fungsi pembayaran mobile tahun ini," kata seorang pejabat dari salah satu perusahaan kartu kredit di Korea. "Pelaksanaan pembayaran contactless pada smartwatch ini akan menjadi yang pertama di Korea."

Seorang pejabat lainnya dari perusahaan perbankan di Korea menyambut baik kehadiran Samsung Pay di Next Gear. "Dengan menerapkan teknologi NFC untuk pembayaran mobile yang menyatu pada smartwatch, Samsung akan bisa menghadirkan layanan mobile wallet dengan kinerja yang fleksibel," katanya. "Perusahaan keuangan pasti akan bergabung, untuk berpartisipasi pada layanan pembayaran ini."

Sebelumnya Nonghyup Bank (농협은행) asal Korea Selatan telah menjadi bank pertama yang meluncurkan layanan wearable banking di dunia. Pengguna akan dapat memeriksa saldo dan transaksi rekening mereka secara real-time, seperti pembayaran kartu kredit dan transfer uang. "Kami akan terus memberikan layanan jasa keuangan yang memenuhi kebutuhan pelanggan melalui fintech," kata seorang pejabat di Nonghyup Bank.

Samsung juga telah menjalin kerjasama dengan UnionPay, satu-satunya organisasi yang mengeluarkan kartu kredit bank di China dan menguasai 80 persen pasar pembayaran secara offline di China, untuk layanan pembayaran mobile pertama yang dihadirkan di negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia ini.


Untuk smartwatch baru ini Samsung Electronics tidak hanya menghadirkan desain baru yang berbeda, yaitu berbentuk bulat, namun juga akan melengkapinya dengan berbagai fitur dan pengalaman pengguna (UX) yang benar-benar berbeda dan mungkin belum pernah terbayangkan sebelumnya.

Selain masih mengandalkan fitur sebelumnya yang ada pada smartwatch berbasis OS Tizen seperti menerima panggilan sederhana, pesan maupun navigasi, Next Gear juga bisa mengidentifikasi produk dengan menggunakan RFID, NFC, barcode recognition, atau pengenalan obyek ketika pengguna mengambil produk dan dapat memberikan informasi tentang produk (misalnya informasi gizi, informasi sumber, atau ulasan) atau opsi untuk membeli produk, menentukan konteks kesehatan (misalnya jika pengguna berolahraga atau tidur), dan masih banyak lagi.

Samsung Electronics seperti biasa sendiri menolak untuk mengungkapkan rincian lebih lanjut. "Kami tidak bisa mengatakan tentang rencana rilis produk di masa depan. Dan untuk hal-hal seperti spesifikasi produk, fitur, dll, kami tidak bisa mengatakannya secara spesifik," katanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar