Senin, 15 Juni 2015

Samsung mendapat dukungan Facebook untuk ekosistem Tizen


Saat ini sistem operasi (OS) Tizen untuk smartphone belum menjadi mainstream karena pasar platform mobile global masih terbagi menjadi Android dan iOS. Samsung Electronics berencana menggelar forum besar untuk pengembang aplikasi di pasar yang menjadi target pemasaran untuk memperluas basis pengguna smartphone Tizen.

Seorang pejabat industri di Korea hari ini mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk mengadakan konferensi "Tizen Developer Summit" di India, diikuti oleh "Tizen Developer Summit" di Shenzhen, China pada bulan September. "Sepertinya China dan India adalah negara yang memiliki potensi pertumbuhan yang besar di smartphone yang berharga terjangkau, dan Samsung yakin bahwa konferensi ini akan menarik perhatian besar," kata pejabat itu.

Walaupun OS Android digunakan oleh sebagian besar smartphone di China, namun pada dasarnya Google terisolasi dari pasar China karena kebijakan pemerintah lokal. Hal ini menyisakan banyak layanan dan toko aplikasi milik perusahaan pihak ketiga buat pengguna smartphone lokal untuk menemukan aplikasi dan game favorit mereka. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh Samsung untuk saling bekerjasama memperluas ekosistem Tizen di China.

Untuk ekosistem aplikasi, yang merupakan faktor penting untuk mengukur keberhasilan platform mobile, Samsung berencana untuk memberikan lebih banyak manfaat dan insentif bagi pengembang aplikasi. "Aplikasi adalah segalanya. Menjelang rilis perangkat baru, Samsung akan membuka alat pengembangan software baru untuk mendorong pengembang aplikasi."

Selain itu Samsung juga berencana untuk meningkatkan kemitraan dengan Facebook untuk ekosistem aplikasi. "Samsung dapat menyediakan perangkat yang kompetitif dengan aplikasi yang disediakan oleh Facebook dan mitra strategis lainnya. Iklan mobile dan pasar aplikasi bisa menjadi saluran yang tepat untuk menghasilkan pendapatan yang bisa mengimbangi dampak dari penurunan penjualan perangkat," katanya.

Samsung sebelumnya telah membantu Facebook dalam mendirikan Internet.org. Setelah layanan SNS WhatsApp dan aplikasi mobile Facebook, Facebook berencana untuk menghadirkan aplikasi Instagram dan Facebook Messenger untuk smartphone Tizen.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar