Kamis, 07 Mei 2015

Samsung sukses tayangkan siaran UHD pertama di dunia lewat Tizen TV


Samsung Electronics dan SES hari ini mengumumkan bahwa mereka telah sukses mendemonstrasikan transmisi DVB pertama di dunia dengan kualitas High Dynamic Range UHD saat berlangsungnya acara tahunan SES Industry Days di Luxembourg pada tanggal 6 dan 7 Mei 2015. Konten tersebut ditransmisikan melalui satelit SES secara langsung ke Samsung SUHD TV berbasis sistem operasi (OS) Tizen menggunakan teknologi Hybrid Gamma.

Demonstrasi ini menandai tonggak utama untuk rantai siaran Ultra High Definition (UHD). Hal ini juga menunjukkan untuk pertama kalinya bagaimana industri dapat meluncurkan layanan High Dynamic Range UHD TV melalui Jaringan Broadcast DVB, yang sepenuhnya dapat memanfaatkan kemampuan layar generasi berikutnya, sementara secara bersamaan menghadirkann layanan UHD TV berkualitas tinggi untuk UHD Phase 1 Receivers yang sudah tersedia di pasaran.

"High Dynamic Range (HDR) secara signifikan akan meningkatkan bagaimana konsumen akan menikmati televisi di masa depan," kata Thomas Wrede, Wakil Presiden, Reception Systems di SES. "Sebuah pengenalan teknologi HDR harus kompatibel dengan TV layar datar DVB UHD 1 Phase 1 yang sudah ada di rumah konsumen. SES dan Samsung, dengan transmisi ini diatas sistem satelit ASTRA, yang menunjukkan bahwa kompatibilitas kebelakang ini mungkin bisa dilakukan sekarang."

"Samsung sangat senang bisa berpartisipasi dalam demonstrasi yang merupakan langkah monumental kedepan untuk industri penyiaran ini," kata John Adam, kepala pengembangan bisnis dan urusan industri di Samsung Research UK. "Dengan memberikan layanan UHD TV yang dapat mengatasi pasar yang berkembang dari UHD Phase 1 TV, sementara juga menyediakan pengalaman terbaik kepada konsumen yang berinvestasi dalam generasi berikutnya dari TV, Samsung siap untuk sepenuhnya mendukung teknologi HDR dari BBC Research & Development sebagai bagian dari upaya kami secara keseluruhan terhadap pengalaman konsumen terbaik di UHD TV."

HDR mengoreksi rasio kontras setelah shooting dan menggabungkan beberapa gambar untuk menekankan baik sisi terang dan gelap untuk kualitas gambar yang optimal. Samsung Electronics telah menerapkan teknologi HDR regeneratif (peak illuminator) di SUHD TV yang dirilis tahun ini. Seo Young-joo, Managing Director dari Divisi Video Display di Samsung Electronics, menyatakan keyakinannya bahwa transmisi sinyal satelit pertama di dunia untuk penyiaran HRD UHD ini akan membangun fondasi yang kuat untuk memperluas infrastruktur penyiaran UHD di masa yang akan datang.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar