Minggu, 17 Mei 2015

Samsung patenkan beberapa fitur dari kacamata pintar


Pekan lalu US Patent & Trademark Office menerbitkan aplikasi paten dari Samsung yang mengungkapkan beberapa fitur baru dari kacamata pintar atau smartglass yang akan datang. Sama seperti perangkat wearable seri Gear lainnya, smartglass ini nantinya juga bisa bekerja dengan beragam perangkat seperti smartphone dan tablet, sistem infotainment di dalam kendaraan (IVI), konsol game, Smart TV, kamera digital, peralatan medis dan lainnya. Samsung juga menggambarkan bagaimana kaca pada smartglass bisa berubah dari yang bening menjadi kacamata hitam.

Selain bisa menjalankan fitur multi-screen, dimana pengguna smartglass bisa menonton tayangan video yang sama seperti di Smart TV dan smartphone, Samsung juga menambahkan fitur lain yang mungkin akan sangat berguna. Dalam paten gambar FIG.4A dan FIG.4B dibawah ini dijelaskan bahwa pesan teks yang diterima oleh smartphone atau tablet bisa dikirim langsung ke smartglass pengguna tanpa perlu mengeluarkan smartphone mereka lagi.


Dalam skenario untuk hiburan, Samsung menjelaskan bahwa ketika film berbahasa asing sedang dimainkan di smartphone atau Smart TV maka teks terjemahan atau subtitle bisa dikirimkan ke smartglass pengguna. Contoh lainnya, ketika memainkan file musik di smartphone atau tablet, pengguna bisa mengirimkan informasi tag dan informasi lirik lagu ke smartglass. Begitu juga ketika menonton tayangan olahraga, smartglass bisa menanyangkan informasi tambahan mengenai informasi pemain yang sedang bertanding, hasil pertandingan lain yang berlangsung bersamaan, informasi stadion dan lainnya.

Dalam paten Samsung gambar FIG.8A dan FIG.8B dijelaskan contoh dari proses untuk menampilkan informasi pada smartglass. Menurut proses, perangkat elektronik no.801 menampilkan sejumlah gambar thumbnail. Berikutnya, salah satu thumbnail yang dipilih bisa ditampilkan di smartglass no.802.


Samsung juga menjelaskan dalam paten yang mereka ajukan bahwa smartglass buatan mereka dapat digunakan sebagai kamera untuk mengambil foto dan video dan memungkinkan pengguna untuk mengirim perintah ke smartglass melalui suara.

Dalam paten Samsung gambar FIG.2 dibawah ini dijelaskan komponen hardware apa saja yang akan digunakan pada smartglass, baik sensor maupun untuk fungsi komputasinya secara umum. Yang menarik, Samsung mengikutsertakan hologram untuk modul layar, proyektor untuk interface dan ultrasonik untuk modul input pengguna.


Samsung mengajukan permohonan paten mereka pada Q4 2014.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar