Selasa, 12 Mei 2015

EFL 1.14 dirilis


Enlightenment Foundation Libraries (EFL) 1.14 hari ini dirilis, setelah melalui tiga bulan pengembangan yang intensif. EFL versi 1.14 ini adalah hasil kerja keras dari 77 penulis yang memberikan kontribusi lebih dari 1200 komit dalam jangka waktu 12 minggu untuk EFL ditambah 300 komit untuk Elementary.

Rilis ini mengintegrasikan Ector, sebuah rendering library baru yang kan digunakan oleh Evas untuk menghadirkan vector graphics scene graph berikut spesifikasi SVG. Bidang lain yang telah menerima perubahan signifikan adalah Ecore DRM backend yang berhubungan langsung ke libdrm. Penggunaan utamanya adalah di Enlightenment untuk compositor Wayland, dan fungsi telah ditambahkan untuk mendukung DPMS pada output, set output, menandai framebuffer kotor, menonaktifkan output, output EDID parsing, dan dukungan libinput 0.8 atau yang lebih tinggi untuk compositor tersebut.

Portabilitas juga telah ditingkatkan, terutama untuk Windows dan Mac OSX.

Merge window untuk 1.15 sudah dibuka dan dalam waktu kurang dari seminggu telah menerima 236 komit. Perubahan ini meliputi perbaikan Elua library, yang memungkinkan pengembang untuk menggunakan bahasa pemrograman Lua dalam aplikasi EFL. Lua adalah bahasa scripting sederhana yang mudah untuk ditanamkan dan memungkinkan pengembang untuk memperluas fungsi aplikasi mereka.

Selanjutnya, banyak intrinsik NEON telah diimplementasikan untuk mempercepat berbagai operasi Evas pada hardware ARM. Selain itu, lebih banyak perubahan pada Ecore DRM backend harusnya memungkinkan Enlightenment Wayland compositor menjadi lebih lengkap dalam hal fitur.

Dan yang terakhir, infrastruktur yang lebih baik untuk men-debug backtraces dan foundations untuk aplikasi profiling telah ditambahkan ke basis kode dan kemungkinan akan ditambahkan pada rilis 1.15 mendatang.

EFL 1.14 dan tool lainnya bisa didownload di link berikut:
https://phab.enlightenment.org/phame/live/3/post/enlightenment_foundation_libraries_1_14_and_friends_are_out/


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar