Sabtu, 07 Maret 2015

Click ARM One, tablet modular edisi terbatas


Click ARM One merupakan tablet modular buatan perusahaan Spanyol ImasD yang kini telah tersedia untuk pre-order. Tidak hanya komponen hardware yang bisa dengan leluasa diganti, tetapi juga platform software atau sistem operasi (OS) yang mendasarinya.

ARM dalam Click ARM One adalah singkatan dari Advanced Removable Modules, dan tidak ada hubungannya dengan salah satu perusahaan desain chip ARM.

ImasD saat ini telah membuka pre-order dan berharap dan berharap untuk bisa mengapalkannya mulai musim panas ini. Click ARM One dijual dengan harga €289 atau sekitar 4 juta rupiah. ImasD akan merilisnya sebagai perangkat dengan edisi terbatas, cuma sekitar 1.000 unit yang akan dibuat.


Tablet ini awalnya akan dilengkapi dengan CK Core module yang memiliki komponen modular layar multi-touch 10-inci dengan resolusi HD (1280x800), prosesor Samsung Exynos 4412, Memori RAM 2GB dan internal 16GB serta konektivitas Wi-Fi, bluetooth, HDMI dan USB. Tapi karena ini adalah produk modular, jadi Anda bisa mengganti semuanya dengan komponen hardware baru sesuai dengan keinginan.

Untuk software, ImasD menyatakan akan mendukung Android, Ubuntu, Tizen, dan sistem operasi lainnya yang tersedia.

ImasD juga mendorong pengembang hardware pihak ketiga untuk membuat modul sendiri yang akan terhubung ke Click ARM One melalui port mini PCI Express.



Kebetulan prosesor Exynos 4412 yang digunakannya sama dengan perangkat referensi Tizen smartphone RD-PQ dan smart camera Samsung NX300 yang juga berjalan dengan OS Tizen. Dan jika Anda berniat memporting OS Tizen ke tablet modular ini, berikut tutorialnya: https://wiki.tizen.org/wiki/Porting_Guide


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar