Rabu, 25 Februari 2015

Samsung tidak lagi menjadi sponsor Chelsea


Samsung Electronics akan mengakhiri dukungannya sebagai salah satu perusahaan yang menjadi sponsor untuk klub Liga Premier Inggris (EPL) Chelsea. Samsung sebelumnya telah menjadi sponsor utama Chelsea selama kurang lebih 10 tahun.

Menurut sumber dari industri olahraga di Korea dan Jepang hari ini, raksasa elektronik Korea Selatan akan mengakhiri perjalanan panjang mereka selama satu dekade bersama klub yang berjulukan "The Blues" ini sejak tahun 2005. Kabarnya, Chelsea akan meraih kesepakatan sponsor baru dengan pembuat ban Jepang Yokohama Rubber.

Setelah berakhirnya kontrak pertama mereka pada tahun 2009, yang dimulai pada bulan Juni 2005, Samsung Electronics memperbarui kerjasama sponsor ini sampai Mei 2013 setelah Chelsea memenangkan gelar juara English Premier League 2009-2010. Kemudian kesepakatan ini diperpanjang lagi sampai Mei 2015. Samsung membayar tidak kurang dari 18 juta poundsterling per-tahun untuk sponsorship ini.

Samsung Electronics menggunakan haknya untuk sponsorship ini termasuk menanamkan logo mereka pada seragam Chelsea dan mensponsori semua iklan terkait elektronik di Stamford Bridge, stadion utama milik Chelsea. Kemitraan ini telah memungkinkan Samsung untuk meningkatkan pengakuan dari lebih dari 100 juta fans Chelsea dan juga memperbaiki citra merek di Eropa. Penjualan Samsung di Eropa juga mencatat pertumbuhan yang stabil sejak tahun 2005.

Samsung tidak mengomentari alasan di balik pemutusan kontrak ini, atau masa depan rencananya untuk mensponsori tim olahraga lainnya. Namun, tampaknya bahwa Samsung Electronics telah mencapai keputusan akhir berdasarkan kesimpulan bahwa pengeluaran mereka untuk sponsorship ini telah memenuhi sebagian dari tujuan-tujuan yang diharapkan untuk dicapai ketika mereka pertama kali menandatangi kontrak pada tahun 2005.

Selama satu dekade sponsorship, Samsung telah berhasil meningkatkan pengenalan merek mereka di Eropa melalui pemasaran olahraga saat menyampaikan citra kelas atas produk mereka untuk konsumen lokal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar