Samsung mulai produksi massal prosesor mobile 14nm FinFET pertama di dunia


Samsung Electronics hari ini mengumumkan bahwa mereka telah memulai produksi massal prosesor aplikasi mobile pertama di dunia menggunakan teknologi pemrosesan canggih 14-nanometer (nm) FinFET.

"Teknologi pemrosesan 14nm FinFET yang canggih dari Samsung tidak diragukan lagi merupakan teknologi pemrosesan logic yang paling maju di industri," kata Gabsoo Han, Executive Vice President Sales & Marketing, System LSI Business, Samsung Electronics. "Kami berharap produksi prosesor aplikasi mobile 14nm kami akan memberikan dampak positif pertumbuhan industri mobile dengan memungkinkan peningkatan kinerja lebih lanjut untuk smartphone mutakhir."

Sebagai teknologi yang paling canggih yang tersedia saat ini, pemrosesan 14nm FinFET mampu mencapai tingkat efisiensi, kinerja dan produktivitas tertinggi. Bila dibandingkan dengan teknologi pemrosesan Samsung 20nm sebelumnya, pemrosesan terbaru ini memungkinkan sampai dengan kinerja 20 persen lebih cepat, konsumsi daya 35 persen lebih sedikit dan 30 persen keuntungan produktivitas.

Dengan berhasil menggabungkan struktur FinFET tiga dimensi (3D) pada transistor, Samsung telah mengatasi kinerja dan keterbatasan skala struktur planar yang digunakan dalam 20nm sebelumnya dan pemrosesan yang lebih lama dan memperoleh keunggulan kompetitif yang signifikan dalam semikonduktor canggih untuk industri mobile.

Terobosan yang inovatif ini adalah hasil dari upaya Samsung R&D dalam teknologi FinFET sejak awal tahun 2000-an. Dimulai dengan sebuah artikel penelitian yang dipresentasikan pada IEDM (International Electron Devices Meeting) pada tahun 2003, Samsung telah membuat kemajuan dan mengumumkan pencapaian teknologi secara terus-menerus dalam penelitian FinFET dan juga telah mengajukan koleksi paten kunci di lapangan.

Adapun untuk memori, Samsung telah berhasil memproduksi massal produk 3D V-NAND proprietary sejak 2013. Bersama dengan 3D transistor berbasis teknologi pemrosesan FinFET miliknya, Samsung telah memperkuat kepemimpinannya dalam semikonduktor 3D untuk baik semikonduktor memori dan logic yang mengatasi keterbatasan skala saat ini dengan desain planar.

Pemrosesan 14nm FinFET Samsung yang terdepan saat ini akan diadopsi oleh produk Samsung Exynos 7 Octa, yang kemudian akan diperluas ke produk lain sepanjang tahun.



Samsung Announces Mass Production of Industry’s First 14nm FinFET Mobile Application Processor

SEOUL, South Korea--(Tizen Indonesia)--Samsung Electronics Co., Ltd., a world leader in advanced semiconductor solutions, announced that it has begun mass production of industry’s first mobile application processor using the advanced 14-nanometer (nm) FinFET process technology.

“Samsung’s advanced 14nm FinFET process technology is undoubtedly the most advanced logic process technology in the industry,” said Gabsoo Han, Executive Vice President of Sales & Marketing, System LSI Business, Samsung Electronics. “We expect the production of our 14nm mobile application processor to positively impact the growth of the mobile industry by enabling further performance improvements for cutting-edge smartphones.”

As the most advanced technology available today, 14nm FinFET process is able to achieve the highest levels of efficiency, performance and productivity. When compared to Samsung’s 20nm process technology, this newest process enables up to 20 percent faster speed, 35 percent less power consumption and 30 percent productivity gain.

By successfully incorporating three-dimensional (3D) FinFET structure on transistors, Samsung has overcome performance and scaling limitations of the planar structure used in previous 20nm and older processes and gained a significant competitive edge in advanced semiconductors for the mobile industry.

This ground-breaking accomplishment is a result of Samsung’s unparalleled R&D efforts in FinFET technology since the early 2000s. Starting with a research article presented at IEDM (International Electron Devices Meeting) in 2003, Samsung has continuously made progress and announced its technological achievements in FinFET research and has also filed a pool of key patents in the field.

As for memory, Samsung has been successfully mass producing its proprietary 3D V-NAND products since 2013. Together with its 3D transistor based FinFET process technology, Samsung has strengthened its leadership in 3D semiconductors in both memory and logic semiconductors that addresses the current scaling limitations with planar designs.

Samsung’s leading-edge 14nm FinFET process will be adopted by its Exynos 7 Octa, then expanded to other products throughout the year.



Comments