Selasa, 10 Februari 2015

Gandeng Soribada dan Bugs!, Samsung kini menjadi distributor Kpop terbesar di dunia


Samsung Electronics akan menggandeng Bugs! untuk memasok lebih dari 3,6 juta konten musik seperti sebelumnya mereka lakukan dengan Soribada. Samsung akan membuat lebih dari 3,6 juta konten musik Bugs! yang tersedia untuk aplikasi khusus buat 'Omnidirectional 360 Audio' yang rencananya akan dirilis pada bulan April.

Setelah Divisi Mobile Communication (IM) bergabung dengan Soribada meluncurkan layanan musik 'Milk', kini divisi Visual Display (VD) akan meluncurkan layanan musik Bugs!. Lewat dua kerjasama ini, Samsung Electronics dengan cepat telah muncul sebagai saluran distribusi musik terbesar di pasar Korea, sekaligus juga saluran distribusi musik Kpop terbesar di dunia.

Menurut sumber industri yang dikutip oleh Electronic Times kemarin, Samsung Electronics berencana untuk menyediakan lebih dari 3,6 juta lagu Korea dan asing yang dimiliki oleh Bugs untuk 'Multi-room 2.0,' sebuah aplikasi khusus untuk Omnidirectional 360 Audio. "Kami berencana untuk memasok lagu Bugs ke Omnidirectional 360 Audio, yang memiliki user interface (UI) yang sama seperti Milk, dan menyediakan buat konsumen dengan jenis musik yang mereka sukai," kata orang dalam Samsung Electronics Korea. "Kami sedang membicarakan kondisi rinciannya seperti harga."

Perangkat audio berbentuk telur ini merupakan produk strategis dari Divisi VD yang menjadi andalan di tahun ini bersama dengan SUHD TV berbasis OS Tizen. Perangkat ini menerapkan 'multi-room audio' yang memungkinkan untuk menggunakan teknologi 'Mesh Network', yang akan menghubungkan beberapa perangkat ke jaringan Wi-Fi tunggal, dan menikmati audio yang tersebar di beberapa lokasi seolah-olah mereka berada di audio tunggal.

Karena semua perangkat terhubung melalui Wi-Fi ke 'Multi-Room 2.0,' sebuah aplikasi eksklusif yang sedang dalam tahap akhir pengembangan, akan memungkinkan pengguna untuk mendengarkan tidak hanya musik yang tersimpan dalam smartphone, tetapi juga musik dan layanan streaming seperti 'Bugs' dari Neowiz Internet, layanan streaming terbesar di Eropa 'Deezer' dan TuneIn pada omnidirectional audio.

Neowiz Internet baru-baru ini diperkirakan akan memperbarui fungsi Bugs dalam pertimbangan penggunaannya dalam perangkat terbaru Samsung. Beberapa waktu lalu Neowiz Internet menambahkan fungsi baru untuk Bugs, yang memungkinkan untuk mendengarkan 800.000 lagu berkualitas CD di lingkungan Wi-Fi.

Orang dalam di industri musik mengatakan, "Neowiz Internet telah berdiskusi dengan organisasi pengelola hak cipta musik terpercaya untuk menempatkan aplikasi Bugs! ke dalam produk audio Samsung yang baru, dan kesepakatan itu akan ditandangani segera."

Tentang kemitraan ini, pakar industri musik mengatakan bahwa ekspansi perangkat untuk mendengarkan musik dari smartphone ke berbagai perangkat akan memiliki pengaruh positif pada industri musik secara keseluruhan. Sebuah perwakilan dari organisasi hak cipta musik mengatakan, "Meningkatnya jumlah perangkat untuk mendengarkan musik juga diinginkan oleh industri musik secara keseluruhan."

Movable (kiri) dan Solo

Omnidirectional 360 Audio dari Samsung terdiri dari 'Solo (WAM7500)' yang bersifat tetap dan 'Movable (WAM6500)' yang lebih mobile, dan akan dijual dengan harga masing-masing 550 ribu won (sekitar 6,3 juta rupiah) dan 450 ribu won (sekitar 5,2 juta rupiah). Produk ini adalah produk strategis Divisi VD di tahun 2015 yang dikembangkan di Samsung Audio Lab di California, Amerika Serikat. Keduanya akan menjadi ujung tombak dalam mentransfer pengaruh Samsung Electronics di pasar TV hingga audio.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar