Kamis, 12 Februari 2015

Begini cara Samsung mendesain smartphone Tizen murah Z1


Smartphone Tizen Samsung Z1 telah menuai sukses di pasar India dan juga Bangladesh sejak awal peluncuran. Menanggapi hal ini, tim pengembang dari Samsung Z1 mencoba berbagi pengalaman mereka dalam mendesain smartphone termurah yang pernah dirilis oleh Samsung Electronics ini.

"Semua orang ingin menciptakan sebuah smartphone yang mudah, cepat dan menyenangkan" adalah Lee Chung-il, manajer perencanaan produk divisi bisnis nirkabel global di Samsung Electronics.

Lee Chung-il
"Samsung Z1 dikembangkan berdasarkan prencanaan dengan motif 'simpel dan mudah digunakan'," kata Lee Chung-il menjelaskan tentang latar belakang pengembangan Samsung Z1. "Ini dirancang buat siapa saja yang ingin menggunakan smartphone untuk pertama kalinya, sehingga sebagian fitur yang disematkan didalamnya telah dibuat untuk bisa digunakan dengan mudah dan menyenangkan."

Kesederhaaan dan kemudahan ini juga tercermin dalam User Interface (UI) yang digunakan pada Samsung Z1. Mengambil keuntungan dari ikon yang mewakili masing-masing fungsi, dengan melihat sekilas, pengguna bisa mengetahui kegunaan dari setiap aplikasi.

"Dasarnya adalah kemudahan, dan ini dimaksimalkan melalui kinerja yang cepat dari Samsung Z1," kata Park Eun-jin, Tizen senior engineer di divisi nirkabel Samsung Electronics.

Park Eun-jin
Park Eun-jin melihat faktor "kecepatan" dari sistem operasi (OS) Tizen menjadi salah satu fitur yang paling penting dari Samsung Z1. "Dengan penggunaan OS Tizen yang ringan dan cepat, kecepatan eksekusi booting dari tiap aplikasi smartphone menjadi meningkat," katanya. "Samsung Z1 juga bisa mengurangi penggunaan data melalui peningkatan kinerja internet," tambahnya.

Samsung juga telah menempatkan fungsi khusus yang sekiranya bisa menjadi daya tarik Samsung Z1 buat konsumen India dan Bangladesh. Di antaranya yang paling mencolok adalah 'baterai'. Mengingat sifat dari konsumen India dengan penekanan pada kinerja baterai dan daya tahan baterai. Tim Design UX juga menerapkan berbagai fitur yang disesuaikan dengan karakteristik konsumen India dan Bangladesh, seperti Dream Shot dan Auto Selfie pada kamera. Selain itu juga fitur yang berguna di kehidupan nyata seperti lampu senter, radio FM, TV dan tema yang menyesuaikan dengan hari-hari besar keagamaan dan budaya di India dan Bangladesh.

Choi Hong-suk dari manajer perencanaan layanan di divisi nirkabel Samsung Electronics mengatakan, "Konten pada Samsung Z1 sebagian besar didasarkan pada dua hal 'spesialisasi hiburan' dan 'kegunaan di kehidupan nyata'."

Lee Kyung-sun
Samsung Z1 menawarkan berbagai hiburan yang sesuai dengan karakteristik konsumen India dan Bangladesh. Joy Box Club Samsung, Hungama menawarkan akses gratis ke berbagai aplikasi hiburan. Selain itu, Samsung Z1 juga dilengkapi aplikasi yang dibutuhkan untuk belanja online di kehidupan nyata, update berita terkini, dan juga memesan reservasi kereta api.

"Untuk bisa mencerminkan karakteristik sebagian besar konsumen India, kita harus mengamankan berbagai konten untuk Samsung Z1," kata Lee Kyung-sun, kepala dari tim perencanaan layanan di divisi nirkabel Samsung Electronics. "Kadang-kadang sulit sekali dalam meyakinkan mitra konten kami di India. Dalam proses ini serangkaian upaya telah dilakukan untuk bisa membujuk mereka, apalagi ini merupakan posisi baru saya sebagai kepala disini," kata Lee Kyung-sun dengan bangga karena usahanya telah berhasil.

Menurut Anand Singh yang bekerja di salah satu toko resmi Samsung di India; desain, berat dan kecepatan merupakan faktor utama yang paling menjual dari Samsung Z1. "Karena ini merupakan produk dari Samsung, tingkat kepercayaan konsumen juga tinggi," kata Anand Singh.


"Baterai yang tahan lama dan adanya berbagai hiburan yang aku suka," kata Hukam Singh, salah satu pengguna Samsung Z1 di India menjelaskan alasannya memilih Samsung Z1. "Aku juga akhirnya dapat membeli produk Samsung dengan harga yang wajar, dan ini jauh lebih memuaskan."


Via Samsung Tomorrow


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar