Kamis, 08 Januari 2015

UC Browser kini menjadi browser mobile terbesar di dunia


Menurut data dari StatCounter, UC Browser telah menjadi browser mobile pihak ketiga terbesar di dunia dalam hal pangsa pasar dalam hal halaman web (pageview) yang paling banyak ditampilkan, yang didorong oleh pertumbuhan pesat dari pengguna di negara-negara berkembang yang paling padat penduduknya. Browser mobile yang kini memperkuat Tizen Browser untuk Samsung Z1 ini sudah menjadi browser mobile No.1 di China dan India.

Sampai akhir 2014, UC Browser telah mencapai pangsa pasar 11,1% di seluruh dunia, sehingga menjadi mobile browser paling populer keempat setelah Chrome, Safari dan Android Browser. Berbeda dengan tiga browser mobile tersebut, UC Browser tidak datang secara default di perangkat Android atau iOS, yang berarti itu adalah aplikasi browser mobile pihak ketiga terbesar di dunia.

Gambar dari StatCounter menunjukkan bahwa UC Browser telah menangkap 41,23% dari total penggunaan mobile browser di India, naik 9% dari tahun sebelumnya. Hal ini menjadikan India sebagai pengguna UC Browser dengan prosentase terbesar setelah China yang mencapai 65%. Dalam hal pengguna aktif harian atau Daily Active User (DAU), UC Browser telah menghasilkan pertumbuhan dramatis hampir 50% hanya di paruh kedua 2014, dibuktikan dengan tracker data internal. UC Browser telah mengumpulkan jutaan loyalitas dan advokasi pengguna ponsel di China dan India.

Selain China dan India, UC Browser juga membuat kemajuan berarti di negara berkembang lainnya seperti Indonesia dan Pakistan.


Di Indonesia, pangsa pasar UC browser telah meningkat tajam dari 7% tahun lalu menjadi hampir 20% (19,7%) pada akhir 2014. Dalam kaitannya dengan pageview (PV), UC Browser telah tumbuh lebih dari tiga kali lipat seperti yang diungkapkan oleh tracker data internal. Artinya, semakin banyak pengguna ponsel di Indonesia yang mengakses UC Browser setiap hari. UC Browser baru-baru ini juga menjadi aplikasi browser mobile untuk Android No.1 di Google Play Indonesia.

Sementara Pakistan sebagai negara keenam yang paling padat penduduknya di dunia, UC Browser juga menjadi browser mobile No.1 di tahun 2014. Menurut StatCounter, UC Browser telah mencapai pangsa pasar 29,07% di Pakistan pada akhir 2014.

Di Nigeria dan Bangladesh, UC Browser juga meningkat sebagai pemain yang kuat, masing-masing menguasai sekitar 13.14% dan 18.48% dari total penggunaan browser mobile. Oleh karena itu, UC Browser telah berubah menjadi browser mobile terbesar kedua di Nigeria dan Bangladesh.

Di Rusia, pengguna aktif bulanan UC Browser juga meningkat tiga kali lipat pada tahun 2014. Untuk PV telah meningkat sebesar 125% pada periode yang sama, yang menunjukkan penetrasi UC Browser telah mencapai Rusia. Baru-baru ini, UC Browser juga menjadi aplikasi browser mobile Android No.1 di Google Play Rusia. Di Brazil, pengguna aktif bulanan UC Browser juga meningkat dua kali lipat, bersama-sama dengan kenaikan sekitar 50% dalam hal PV.

Melayani pengguna di lebih dari 150 negara dan wilayah di seluruh dunia, UC Browser sekarang tersedia dalam 11 bahasa termasuk Inggris, Rusia, China, Indonesia, dan Vietnam. UC Browser juga banyak dikenal sebagai browser berbasis proxy, untuk menyediakan pengalaman yang kaya fitur dan penjelajahan internet yang cepat, bebas hambatan. Anda bisa browsing dengan mode penyamaran, sinkronisasi bookmark di cloud dan menonton video streaming secara offline.


"Pengalaman UC Browser di Tizen lebih baik daripada di Android, karena Tizen lebih terbuka untuk penggunaan UC Proxy, sebuah layanan yang dapat memberikan kompresi dan akselerasi melalui cloud untuk lalu lintas data yang lebih cepat dan lebih menghemat waktu untuk mengakses halaman web." kata Yu Yong-fu, CEO dari UC Mobile yang menjadi pengembang dari UC Browser. UC Mobile sendiri adalah perusahaan software mobile milik Alibaba Group.

Selain itu, UC Browser juga menyediakan toko aplikasi HTML5 untuk perangkat Tizen dimana pengguna bisa menambahkan aplikasi web berbasis HTML5 ini ke browser mereka. Karena aplikasi ini hanya disimpan di bookmark, tidak ada download atau proses instalasi. Saat ini sudah ada ribuan aplikasi dan game berbasis web yang disediakan oleh mitra potensial dan pengembang web. UC Web Store saat ini juga telah menjadi salah satu portal game terpopuler di China dan semuanya akan dioptimalkan untuk perangkat Tizen dari Samsung.

Berikut ini video demo UC Browser yang berjalan pada smartphone Tizen Samsung Z.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar