Jumat, 16 Januari 2015

Samsung rekrut penerus Jonathan Ive sebagai kepala desain yang baru di 2015


Samsung Electronics kemarin mengumumkan bahwa mereka telah merekrut Lee Don-tae sebagai pemimpin tim desain global di Design Management Center. Yang menarik, sebelumnya Lee Don-tae bekerja sebagai pemimpin eksekutif di perusahaan desain Tangerine yang berbasis di London, sama seperti kepala desain Apple sekarang Jonathan Ive sebelum bekerja di Apple.

Menurut pengumuman dari Samsung Electronics, Lee Don-tae akan mulai bekerja sebagai wakil presiden dan kepala desain global di Design Management Center pada bulan Januari. "Dia akan bekerja untuk mengangkat kecakapan desain Samsung secara keseluruhan daripada berfokus pada produk tertentu," kata seorang pejabat Samsung.

Pada tahun 1996, chairman Samsung Electronics Lee Kun-hee pernah mengatakan: "Titik yang menentukan dalam manajemen bisnis abad ke-21 akan menjadi desain."

Dan sejak saat itu, Samsung telah berusaha keras untuk memperbaiki desain mereka diantaranya dengan menyewa banyak desainer terkenal dari luar. Namun dikala Apple banyak mendapat pengakuan untuk desain produk mereka, Samsung malah sebaliknya. Selama beberapa tahun terakhir, Samsung Electronics telah berusaha untuk membedakan dirinya dalam desain produk dari produsen elektronik lainnya dengan agresif memperkuat tenaga kerja desain termasuk mempekerjakan sejumlah desainer yang diakui secara internasional. Namun, upaya desain Samsung ini masih menunjukkan hasil yang beragam.

Sekarang, Samsung ingin kembali merevolusi pendekatan untuk rancangan desain produk mereka dengan mempekerjakan Lee Don-tae, co-presiden perusahaan konsultan desain global Tangerine.

Lee Don-tae yang sekarang berusia 47 tahun, adalah seorang ahli dalam desain produk dan strategi desain. Sebagai presiden dan mitra di Tangerine, dia banyak menawarkan konsultasi kepada perusahaan-perusahaan global seperti Samsung, LG, Toyota dan British Airways sejak tahun 1989. Ia terkenal telah mendesain ulang kabin kelas bisnis di British Airways beserta konfigurasi tempat duduknya. Menurut informasi dari Tangerine, berkat desain bergaya "z-shaped" karya Lee Don-tae, 20 persen lebih kursi bisa ditambahkan dan keuntungan tahunan meningkat sebesar $738 juta.

Lee Don-tae sebelumnya mengambil jurusan desain industri di Universitas Hongik dan mendapatkan gelar Ph.D. dari Universitas Yonsei University untuk jurusan desain dan lingkungan kemanusiaan. Dia juga belajar desain produk di Royal College of Art di Inggris.

Lelaki yang lahir di Gangneung, provinsi Gangwon, Korea Selatan, yang sekarang juga bekerja sebagai seorang profesor di jurusan desain industri di Universitas Hongik, awalnya bergabung dengan Tangerine hanya sebagai pekerja magang pada tahun 1998 dan akhirnya terus berlanjut menjadi presiden Tangerine hanya dalam waktu tujuh tahun.

Samsung Electronics mendirikan Pusat Manajemen Desain pada tahun 2001 sebagai organisasi yang dikendalikan langsung oleh CEO Samsung Electronics, dalam hal ini BK Yoon. Lebih dari 1.000 orang bekerja di divisi ini. "Lee akan bertanggung jawab memimpin inovasi desain semua produk Samsung secara keseluruhan termasuk smartphone," kata seorang pejabat dari Samsung.

Jadi perangkat Tizen masa depan Samsung juga akan didesain oleh Lee Don-tae. Samsung berharap Lee Don-tae bisa membawa "DNA" desain dari Tangerine kepada perusahaannya sekarang seperti yang dilakukan oleh Jonathan Ive di Apple.

Ketika ditanya bagaimana perasaannya dipekerjakan oleh pembuat smartphone terbesar di dunia, Lee Don-tae agak berhati-hati menjawabnya, "Saya hanya menerima pekerjaan ini dan baru mulai memeriksa bagaimana semuanya berjalan di sini." Namun sekarang semua mata industri telah menatap kepadanya apakah dia mampu mengeluarkan semua kemampuannya untuk membawa perubahan desain generasi baru di Samsung.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar