Senin, 26 Januari 2015

Ribuan aplikasi native Tizen belum bisa jalan di Samsung Z1


Beberapa pengembang aplikasi Tizen mengeluhkan perubahan native framework sejak Tizen 2.3 membuat aplikasi yang mereka buat sebelumnya tidak bisa jalan di smartphone Tizen terbaru Samsung Z1. Hal ini terutama menimpa aplikasi native Tizen yang dibuat berdasarkan Tizen Software Development Kit (SDK) versi lama.

Salah satu perubahan utama dari Tizen SDK 2.3 yang dirilis pada bulan November kemarin adalah native framework yang baru. Tizen SDK sebelumnya (versi 2.2 ke bawah) menggunakan OSP framework untuk pengembangan aplikasi native. Dan seperti kita tahu OSP atau Open Service Platform adalah framework untuk pengembangan aplikasi native buat smartphone bada. Samsung awalnya menggunakan OSP untuk pengembangan aplikasi native di Tizen dengan tujuan untuk memberi kemudahan buat pengembang aplikasi bada untuk memporting aplikasi mereka sebelumnya ke Tizen.

Dalam release note untuk Tizen SDK 2.3 disebutkan bahwa Tizen native framework telah sepenuhnya direvisi untuk meningkatkan kinerja dan skalabilitas dari aplikasi native. Bahasa pemrograman utama untuk aplikasi native juga telah berubah dari C++ ke C.

Native framework baru yang berbasis Enlightenment Foundation Libraries (EFL) dianggap memiliki kelebihan dalam hal lebih mudah untuk diterapkan dalam berbagai profile yang didukung oleh Tizen, tidak hanya smartphone, tapi juga wearable dan TV, serta juga secara teknologi lebih matang, lebih cepat (terutama untuk hardware low-end seperti Samsung Z1) dan lebih kaya grafis karena didukung lebih banyak library yang bersifat open source.

Saat ini sekitar 1500 aplikasi Tizen tersedia buat Samsung Z1 melalui toko aplikasi Tizen Store untuk pengguna lokal India, dan sekitar 4000 aplikasi native Tizen tidak bisa digunakan buat Samsung Z1 karena dibuat dengan menggunakan native framework versi lama. Jadi pengguna Samsung Z1 diharapkan bersabar dulu menunggu kesediaan pengembang aplikasi Tizen untuk memporting ribuan aplikasi native lama ini ke Tizen 2.3.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar