Jumat, 30 Januari 2015

Remote kontrol Tizen TV memadukan unsur desain curved dan intuisi Tizen


Remote kontrol untuk Tizen TV yang akan mulai dirilis pada tanggal 5 Februari mendatang di Korea Selatan, mewarisi unsur 'curved' atau melengkung dari desain Tizen TV dan 'intuisi' dari sistem operasi (OS) Tizen. Dengan menerapkan desain berbentuk persegi panjang dan tombol fisik, yang menandakan kembali ke bentuk dasar dari remote control, Samsung Electronics ingin memastikan sisi 'kenyamanan' bisa dirasakan oleh semua konsumen.

Samsung Electronics Korea mengatakan bahwa mereka telah mengadopsi desain melengkung untuk 'smart controller 2015'. Tahun lalu mereka menerapkan desain oval yang mengingatkan kita pada bola selaras dengan musim Piala Dunia, tapi tahun ini perusahaan menerapkan desain 'melengkung' ke remote control juga untuk menyesuaikan dengan desain TV. Samsung tahun ini berencana untuk menerapkan model melengkung secara penuh, termasuk untuk TV low-end 32-inch full HD (1920 × 1080). Mereka juga tidak lagi menggunakan warna silver, seperti yang telah digunakan sejak 2013, dan kembali ke warna hitam dalam 3 tahun.

Akses tombol pada remote kontrol juga dialihkan fokusnya dari 'sentuhan' ke 'tombol fisik'. Samsung sebelumnya berusaha untuk memindahkan pengalaman smartphone buat TV mereka pada model tahun 2013 dengan area sentuhan menempati 2/3 dari keseluruhan remote kontrol, dan pada tahun 2014 mereka mulai mengurangi ukuran panel sentuh dalam upaya untuk menggabungkan pengalaman pengguna (UX) dari TV dan smartphone. Mulai tahun 2015 Samsung kembali mengadopsi tombol fisik, yang sebagian besar pengguna sudah terbiasa menggunakannya, sebagai cara yang cocok disandingkan dengan intuisi yang dihadirkan oleh Tizen sebagai OS yang sederhana dan mudah digunakan.

Tombol fisik dikatakan akan lebih meningkatkan intuisi dan aksesibilitas pengguna daripada metode sentuh. Mencerminkan tren ini, Samsung juga membuat tombol fungsi Smart TV seperti navigasi empat arah dan tombol 'play' dan 'pause' untuk menjalankan konten multimedia serta tombol yang sering digunakan seperti power, channel dan tombol volume menjadi lebih menonjol. Secara khusus, karena karakteristik Tizen mengunggulkan game sebagai konten utamanya, tombol fisik yang menonjol tidak akan mengurangi kenyamanan dibandingkan dengan game pad.

Dengan desain yang melengkung, area 'pegangan tangan' juga telah diperbaiki. Karena area yang digunakan untuk mendukung kontak dengan jari lebih luas dibandingkan dengan desain yang datar, remote kontrol ini dapat dengan mudah digunakan hanya dengan satu tangan. "Desain dan material melengkung yang ergonomis yang berjalan dengan baik dengan TV melengkung akan meningkatkan kenyamanan dalam pegangan tangan," kata sumber dari Samsung Electronics Korea tentang smart controller 2015. "Kenyamanan pengguna telah sangat ditingkatkan."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar