Jumat, 23 Januari 2015

Intel ingin standarisasi stylus buat perangkat mobile dan PC


Intel baru-baru ini mengundang beberapa desainer IC sensor sentuh untuk membentuk aliansi, yang bertujuan untuk membangun standarisasi spesifikasi untuk stylus sebagai perangkat input yang dapat digunakan di perangkat mobile yang berbeda termasuk tablet, notebook dan smartphone.

Menurut sumber dari desainer IC yang dikutip oleh situs Taiwan Digitimes, produk pertama aliansi ini diharapkan akan mulai diluncurkan pada kuartal ketiga 2015.

Karena setiap desainer IC memiliki spesifikasi stylus sendiri saat ini, standarisasi akan memungkinkan pengguna untuk menggunakan stylus mereka di berbagai produk serta merek yang berbeda. Sumber terpercaya melihat langkah Intel ini bertujuan untuk memperkuat daya saing perangkat 12-inch 2-in-1 dan desainer chip termasuk Atmel, Synaptics dan Elan Microelectronics (EMC) semuanya telah diundang. Selain desainer IC, Asustek Computer dan produsen stylus Waltop dimana Intel ikut berinvestasi didalamnya, juga telah diundang untuk bergabung dengan aliansi.

Intel berencana untuk mengumumkan anggota aliansi dan draft standarisasi paling cepat pada bulan Februari dan platform resmi akan mulai beroperasi pada bulan April atau Mei. Intel sendiri mengatakan bahwa mereka hanya berdiskusi dengan mitra atas spesifikasi terkait dan menolak untuk memberikan detail lebih lanjut.


Intel kembangkan stylus dengan teknologi NFC tanpa baterai

Intel sendiri saat ini sedang bekerja untuk mengembangkan generasi berikutnya dari stylus, yang menghilangkan kebutuhan untuk baterai sebagai sumber daya dan menggunakan NFC sebagai komponen inti.

Near field communications (NFC) telah lama menjadi bagian dari komputer, tablet dan smartphone yang memungkinkan untuk komunikasi rendah daya antara perangkat dan bahkan benda-benda di mana chip NFC tertanam didalamnya. Memiliki ukuran kecil tapi kuat, banyak kasus penggunaan yang unik bermunculan untuk membawa fungsionalitas yang lebih baik dan berbeda dengan produk yang sudah ada.

"Kami memulai untuk mencoba mengganti baterai hanya untuk membuatnya lebih murah dan juga untuk menghilangkan kecemasan dari orang-orang yang sering kehilangan stylus mereka di tengah-tengah sesuatu yang penting dan sudah kehabisan daya," kata Anand Konanur, senior radio frequencies engineer di Intel PC Client Group. "Bagaimana Anda tahu bahwa Anda akan selalu mendapatkan daya yang diperlukan?

"Tapi ketika menggunakan NFC, kami menyadari bahwa Anda dapat menambahkan link komunikasi antara stylus dan PC," kata Anand Konanur. "Anda dapat memprogram stylus untuk bertindak dengan cara tertentu, Anda dapat memasangkan sebuah stylus dengan PC. Ada hal-hal yang dapat kita lakukan sekarang dengan menyimpan potongan-potongan kecil informasi dalam stylus." Anand Konanur mengatakan dengan beberapa kilobyte yang tersedia dalam penyimpanan pada stylus NFC, profil, preferensi pengguna yang berbeda, konfigurasi atau jenis data lainnya berpotensi untuk bisa disimpan.

Manfaat lain untuk stylus bertenaga NFC termasuk desain yang lebih ramah lingkungan dengan menghilangkan proses daur ulang baterai serta standarisasi yang lebih terbuka bagi para pengembang aplikasi dan desainer industri. Anand Konanur juga percaya bahwa dengan ruang yang diperoleh dalam stylus, sensor lain dapat ditambahkan untuk membuat stylus menjadi perangkat yang berdiri sendiri untuk meningkatkan fungsi PC, atau untuk menyediakan fungsionalitas tambahan ketika digabungkan dengan algoritma komputer.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar