Jumat, 19 Desember 2014

Samsung tutup layanan messenger ChatON awal tahun depan


Samsung Electronics hari ini secara resmi mengumumkan penutupan layanan messenger ChatON tahun depan. Langkah ini merupakan bagian dari penutupan divisi Media Solution Center (MSC) di Korea yang selama ini merupakan pengembang software dan konten untuk perangkat bada dan Galaxy, dan agar lebih fokus pada bidang lain seperti pasar Internet of Things (IoT) berbasis platform software Tizen.

Samsung Electronics telah mengirimkan notifikasi buat pengguna ChatON bahwa layanan messenger ini akan ditutup mulai 1 Februari 2015 pukul 09:00 (waktu Korea) berdasarkan perubahan yang dibuat pada kebijakan penyediaan layanan.

Akun pengguna ChatON akan dihapus setelah itu tapi percakapan dan konten termasuk gambar dan video dapat disimpan dan dikirim sebagai lampiran email atau disimpan ke memori perangkat. Semua konten akan dapat didownload sebelum penghentian layanan dan percakapan dapat disimpan sebagai file teks.

Seorang pejabat di Samsung Electronics mengatakan layanan ChatON akan dihentikan sehingga mereka dapat lebih fokus pada bidang lainnya seperti layanan kesehatan dan mobile commerce, atau penyediaan layanan yang berbeda berdasarkan platform untuk bisa lebih cepat dalam merespon kondisi pasar yang terus berubah.

ChatOn pertama kali diluncurkan pada bulan September 2011. Hingga saat ini, layanan ini digunakan di lebih dari 120 negara di 63 bahasa yang berbeda oleh lebih dari 100 juta pengguna. ChatOn tersedia baik di perangkat dengan OS Android, Apple iOS, Samsung bada, feature phone Samsung dan BlackBerry.

"Ketika Anda berbicara tentang jumlah total pengguna, ChatOn terlihat kompetitif karena ChatON dipasang di semua smartphone Samsung. Masalah utamanya adalah bahwa penggunaan aplikasi ini sangat rendah dan itu berarti volume transaksi didalamya yang bisa menghasilkan keuntungan tidak banyak," kata seorang pejabat Samsung pada akhir November kemarin. "Samsung berada di trek untuk merampingkan unit bisnisnya. Dari sudut pandang bisnis, ChatOn bukanlah bisnis yang dapat menunjukkan perbaikan di masa mendatang."

Sebagai pengganti ChatON, Samsung Electronics akan memperluas kemitraan dengan Facebook layanan jejaring sosial (SNS). WeChat dari China adalah penyedia aplikasi mobile messaging terbesar di dunia jika dihitung berdasarkan jumlah pengguna terdaftar mencapai lebih dari 600 juta, atau 35 persen dari pangsa pasar global, diikuti oleh WhatsApp dan Facebook. Karena WhatsApp telah diakuisisi oleh Facebook, langkah Samsung dalam menggandeng Faceebok untuk layanan SNS tentunya bisa dimaklumi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar