Kamis, 25 Desember 2014

Samsung siapkan UHD TV dengan layar melengkung berteknologi Quantum untuk CES 2015


Samsung Electronics berencana untuk menampilkan konsep TV baru melalui layar LCD dengan teknologi Quantum dot beresolusi UHD yang melengkung untuk di pameran elektronik International Consumer Electronic Show (CES) 2015 yang dijadwalkan akan diselenggarakan di Las Vegas pada awal Januari.

Menurut sumber industri dari Korea kemarin, Samsung Electronics akan menampilkan UHD TV 105-inch dengan layar melengkung berteknologi Quantum dot di CES 2015. Selain produk TV melengkung, Samsung juga akan menampilkan berbagai produk generasi berikutnya yang dikembangkan dengan menerapkan teknologi Quantum dot ke dalam panel layar datar maupun fleksibel.

Quantum dot (QD) adalah partikel nano semikonduktor yang 10.000 kali lebih halus dari rambut manusia dan sifat listrik dan optiknya bisa berubah ketika substansinya dikurangi menjadi beberapa tingkat nano meter. Meskipun quantum dot itu sendiri dapat berfungsi sebagai substansi ligh emitting, namun substansi quantum dot dapat diterapkan untuk sebuah film untuk secara drastis meningkatkan warna reproduksibilitas dari LCD.

Teknologi QD sebelumnya dianggap sebagai proyek berisiko karena penggunaan cadmium, zat yang rentan menimbulkan masalah pada lingkungan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Samsung bekerjasama dengan Dow Chemical untuk menggunakan penerapan elektronik QD yang bebas cadmium yang dikembangkan oleh perusahaan kimia asal Amerika tersebut.

Samsung Electronics telah menargetkan untuk bisa menjual 60 juta TV tahun depan, diantaranya dengan menggunakan Quantum dot sebagai kunci inovasi untuk hardware dan OS Tizen sebagai kunci inovasi untuk software. Model Curved QD UHD TV 105-inch akan digunakan oleh Samsung Electronics sebagai produk andalan untuk mendapatkan penghargaan inovasi terbaik dalam kategori TV di CES 2015.

Samsung Electronics juga telah mendaftarkan merek dagang 'Samsung QDOT TV' pada US Patent dan Trademark Office.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar