Minggu, 28 Desember 2014

Kilas Balik Tizen di tahun 2014



Januari

Bulan pertama di tahun 2014 ditandai dengan peluncuran smart camera mirrorless NX30 yang merupakan kamera digital keempat yang berbasis OS Tizen. Samsung juga memperluas lini lensa NX dengan pengenalan lensa premium pertama dengan seri "S".

Disamping berita positif peluncuran perangkat Tizen baru, NTT DoCoMo memutuskan untuk menunda peluncuran smartphone Tizen pertama mereka (Samsung ZEQ SC-03F) dengan alasan bahwa pasar Jepang belum siap untuk menerima sistem operasi ketiga.


Februari

Tizen Association mengumumkan tambahan 15 anggota baru untuk Partner Program pada awal Februari 2014, diantaranya adalah Baidu, SoftBank, Sprint dan ZTE. Partner Program secara resmi diluncurkan dengan 36 anggota pada November 2013, termasuk eBay, KONAMI, McAfee, Panasonic, Nokia, Sharp dan banyak lainnya.

Pada acara terbesar untuk pelaku industri mobile sedunia, Samsung meluncurkan smartwatch kedua yang berbasis OS Tizen, yaitu Samsung Gear 2 dan Gear 2 Neo di Mobile World Congress (MWC) 2014 di Barcelona, Spanyol. Kenapa kedua, karena smartwatch pertama Galaxy Gear yang awalnya berbasis Android akan diupgrade ke Tizen. Selain itu, Samsung Electronics juga meluncurkan Gear SDK di MWC 2014 buat pengembang aplikasi yang ingin membuat aplikasi maupun game buat smartwatch seri Gear.

Masih dari MWC 2014, pengembang game indie asal Bandung, Kidalang, berhasil menjuarai kompetisi pembuatan aplikasi Tizen App Challenge yang diselenggarakan oleh Linux Foundation dan membawa pulang total hadiah sebesar 2,9 miliar rupiah. Prestasi yang membanggakan ini diumumkan saat berlangsungnya acara "Tizen Reception Party" yang diselenggarakan oleh Tizen Asociation.



Maret

Versi beta pertama dari Tizen SDK for wearable dirilis untuk pertama kalinya di bulan Maret 2014, sehingga pengembang aplikasi bisa mulai membuat aplikasi buat perangkat wearable Tizen dan menjualnya ke toko aplikasi Samsung Gear Apps.

Pada 19 Maret, Samsung Electronics mengumumkan peluncuran NX mini, kamera interchangeable-lens tertipis dan teringan di dunia yang didesain untuk selfie dan wefie. Buat Anda penggemar fotografi, berikut ini beberapa tips untuk mengambil foto selfie dan wefie yang baik.


April

Untuk mendorong pengembangan aplikasi wearable buat ekosistem Tizen, Samsung Electronics mengumumkan peluncuran kontes aplikasi "Samsung Gear App Challenge" dengan hadiah utama uang tunai $1,25 juta.

Masih di bulan April, Samsung SMART Camera NX30 yang berbasis OS Tizen memenangkan penghargaan untuk kategori 'Best CSC Advanced' dari 2014 Technical Image Press Association Awards (TIPA), yang membuatnya menjadi yang terbaik untuk kamera canggih atau jenis advanced compact system camera (CSC) di pasar saat ini.


Mei

Samsung Smart Camera NX3000 adalah edisi terbaru dari seri NX berbasis OS Tizen untuk sistem kamera kompak yang dirilis oleh Samsung Electronics untuk pasar menengah dengan harga yang lebih terjangkau. Selain NX3000, di bulan Mei Samsung juga merilis source code pertama dari perangkat wearable Samsung Gear 2 (nomor model SM-R380) dan Samsung Gear 2 Neo (SM-R381).

Menurut data dari firma riset industri teknologi Strategy Analytics, Samsung telah mengirimkan 500.000 unit smartwatch selama tiga bulan pertama tahun ini, sehingga berhasil menguasai 71 persen dari pasar global untuk smartwatch pada kuartal pertama 2014.

Sementara dua anggota Tizen Association, Jaguar Land Rover dan Intel telah bekerjasama untuk mendirikan Pusat R&D Teknologi baru di Portland, Oregon. Untuk itu Matt Jones, Senior Technical Specialist - Infotainment di Jaguar Land Rover, mengumumkan perusahaannya telah membuka lowongan pekerjaan sebagai karyawan tetap dengan berbagai keterampilan, untuk pengembangan Smart Car berbasis Tizen untuk fasilitas baru di Portland ini.

Bulan Mei ditutup dengan pengumuman dari Tizen Association, dimana 37 mitra baru telah bergabung dalam Partner Program, diantaranya adalah GameSalad, Havok, Ludei, Fleksy, Marmalade, Logitech, Infraware, dan Sencha.


Juni

Bulan Juni adalah bulan paling sibuk karena bertepatan dengan diselenggarakannya Tizen Developer Conference 2014 (TDCSF14), acara terbesar buat komunitas pendukung Tizen yang diadakan di San Fransisco.

Samsung Electronics memanfaatkan acara ini untuk meluncurkan TV SDK pertama yang berbasis Tizen, yang memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi untuk Tizen TV. Prototype Tizen TV ikut dipamerkan di TDCSF14. Samsung juga memperkenalkan Samsung Z (nomor model SM-Z910F), smartphone komersial pertama yang yang didukung oleh platform Tizen.


Juli

Konsorsium Automotive Grade Linux (AGL) meluncurkan platform referensi Tizen IVI 3.0 saat berlangsungnya acara Automotive Linux Summit 2014 di Tokyo, pada awal Juli 2014. Sekilas Tizen IVI 3.0 User Experience (UX) bisa dilihat disini.

Pada 8 Juli 2014, Samsung dan Intel mengumumkan pembentukan konsorsium industri baru bernama Open Interconnect Consortium (OIC) yang difokuskan pada peningkatan interoperabilitas dan mendefinisikan persyaratan konektivitas untuk miliaran perangkat yang akan membuat Internet of Things (IoT).


Agustus

Samsung Smart Camera Mirrorless NX30 kembali memenangkan penghargaan internasional bergengsi, kali ini menyabet penghargaan sebagai yang terbaik untuk kategori European Connected Camera 2014-2015 dari European Imaging and Sound Association (EISA).

Pada 15 Agustus 2014, Samsung mengumumkan akuisisi perusahaan Smart Home SmartThings yang berbasis di Amerika Serikat. SmartThings yang memiliki 5000 pengembang dan 8000 aplikasi dinilai bisa mewujudkan platform Smart Home terbuka berbasis OS terbuka seperti Tizen.

Bulan Agustus ditutup dengan peluncuran Samsung Gear S, smartwatch pertama yang memiliki fungsi seperti smartphone dengan konektivitas 3D, GPS dan berbagai aplikasi yang berdiri sendiri tanpa perlu terkoneksi dengan smartphone.



September

Samsung meluncurkan kamera mirrorless tercepat dan tahan kondisi ekstrim, NX1, dengan DRIMe V Image Processor, 15FPS continuous AF shooting, Auto Focus (AF) System III dengan 205 Phase Detection AF points, 28MP APS-C BSI CMOS Sensor dan 4K UHD video recording di pameran Photokina 2014 buat fotografer profesional.


Oktober

Tizen Developer Summit 2014 di Shanghai (TDS14SH) mewarnai sebagian besar berita di bulan Oktober. Di acara ini, Tizen Association mengumumkan 16 mitra baru yang bergabung dalam Partner Program, sehingga total anggota telah melebihi 100 perusahaan.

Beberapa perangkat Tizen terbaru ikut dipamerkan di acara ini, seperti Samsung Z, Samsung Gear S, Tizen TV dan Smart Home.


November

Di awal November, Samsung Electronics meluncurkan layanan game untuk Smart TV berbasis OS Tizen. Layanan Game untuk Tizen TV mendukung game berbasis Web/HTML5 dan game native yang sekelas konsol yang tersedia melalui Game Panel. Untuk itu Samsung telah merilis Game Service Platform (GSP) SDK beserta Caph 2.0 melalui Samsung TV SDK untuk pengembang Web dan Unity SDK for Tizen untuk pengembang game native dengan game engine dari Unity.

Tizen 2.3 SDK dirilis pada 9 November yang SDK terpadu pertama yang mendukung aplikasi HTML5 dan Native untuk lintas platform. Native API baru yang menggunakan framework EFL menggantikan yang lama yang menggunakan framework bada. Selain SDK, Tizen 2.3 UX juga diperbarui dan dioptimalkan untuk layar beresolusi kecil setelah Samsung berniat untuk meluncurkan smartphone Tizen entry level yang berharga murah.

Saat berlangsungnya Samsung Developer Conference 2014 (SDC2014), Samsung Electronics meluncurkan Simband, sebuah smartwatch modular yang berjalan pada OS Tizen dan konektor gelang yang memiliki modul sensor yang bisa dikustomisasi.


Desember

Berita menggembirakan di akhir tahun adalah kepastian perilisan smartphone Tizen Samsung Z1 yang berharga murah di pasar global, dimulai dengan India pada Januari, dilanjutkan dengan China pada bulan Februari dan pasar lain pada paruh pertama 2015.



Selamat Tahun Baru 2015


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar