Senin, 10 November 2014

Samsung targetkan jual 60 juta QD TV dan UHD TV tahun depan


Samsung Electronics bertujuan untuk meningkatkan penjualan TV layar datar tahun depan sebanyak 20 persen, sementara juga mengejar strategi "dual-track" - mempromosikan TV LCD dengan teknologi Quantum Dot (QD TV) dan juga TV layar melengkung dengan kualitas ultra high definition (Curved UHD TV). Untuk sembilan bulan pertama tahun ini, produsen TV terbesar di dunia itu telah mengirimkan sekitar 37 juta unit TV layar datar untuk saluran dan toko ritel terbesar di dunia.

Samsung mengatakan telah berhasil menjual 12 juta unit TV pada kuartal ketiga dan mengharapkan penjualan naik sebesar 40 persen dalam tiga bulan terakhir, meningkatkan total pengiriman tahun ini menjadi 54 juta unit.

"Pasar TV global masih belum kuat seperti sebelumnya karena meningkatnya popularitas tablet, smartphone dan phablet. Juga, produsen TV China merupakan ancaman karena mereka telah konsisten dalam menarik pelanggan dengan model yang berharga murah. Target internal Samsung untuk tahun depan adalah lebih dari 60 juta," kata salah satu pemasok layar top-tier untuk Samsung kepada The Korea Times.

Pejabat kksekutif yang tidak mau menyebut namanya ini menambahkan bahwa perusahaannya tetap berharap atas prospek untuk dua varian LCD TV setelah tingkat harga untuk UHD TV telah turun ke tingkat yang dapat dikelola, sementara pemimpin TV global percaya QD TV telah mengalami peningkatan di teknologi manufaktur.

"Ini sangat tidak mungkin bahwa bisnis TV Samsung akan mendapatkan keuntungan besar dari bisnis mereka tahun depan karena persaingan akan semakin sengit. Tapi Samsung bisa meningkatkan pangsa pasar global mereka setelah teknologi QD TV miliknya telah bisa mengatasi isu-isu lingkungan," kata pejabat industri lainnya.

Teknologi QD hampir mirip dengan teknologi organic light-emitting diode (OLED). Sel OLED tidak perlu lampu latar yang mahal dan sangat tipis dan didasarkan pada sel kristal cair - semua ciri yang juga dimiliki oleh teknologi QD.

Kekurangannya QD TV adalah memerlukan penggunaan cadmium di bidang manufaktur, senuag zat yang rentan bisa menimbulkan masalah lingkungan. Oleh karena itu Samsung telah bekerja sama dengan Dow Chemical dan Nanoco untuk menempatkan bahan yang bebas cadmium ke QD TV untuk memenuhi peraturan lingkungan yang diberlakukan oleh pemerintah. Menurut berbagai sumber di Korea, QD TV yang bebas cadmium ini akan ditampilkan selama pameran teknologi CES 2015 awal tahun depan di Las Vegas, Amerika Serikat.

"Tahun depan, penyedia konten, lembaga penyiaran satelit dan perusahaan hiburan terkemuka akan menggelar lebih banyak konten yang disesuaikan dengan menampilkan ukuran yang besar yang memiliki gambar yang lebih jelas, dan yang akan membantu Samsung memperluas pangsa pasar TV mereka," kata pejabat eksekutif ini.

Dalam rangka untuk meningkatkan penjualan TV mereka, manajemen puncak dari Samsung Electronics akan terbang ke Las Vegas untuk mencari peluang bisnis baru terutama di segmen business-to-business (B2B). Itu berarti studio besar, organisasi, lembaga, masyarakat dan kantor swasta dapat menggunakan Samsung TV untuk menampilkan konten mereka sendiri.

Samsung mengatakan QD TV adalah salah satu kemungkinan dari bisnis TV layar datar mereka. Namun, perusahaan mengatakan masih belum ada yang diputuskan untuk kedepannya. Tapi analis memperkirakan suatu tatanan baru untuk kemenangan dalam industri telah nampak, setelah kebangkitan konten untuk kualitas gambar UHD telah memanggil produsen TV besar untuk mendorong produksi TV yang memiliki gambar yang hidup dan biaya produksi yang efektif, seperti QD TV.

"Di masa lalu, QD TV telah gagal untuk lepas landas. Tapi QD TV akan masuk ke arus utama di industri selama tiga tahun ke depan," kata analis IHS Hong Ju-shik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar