Minggu, 16 November 2014

Samsung Simband, perangkat wearable Tizen terbaru untuk kesehatan


Simband adalah konsep perangkat kesehatan pintar (smart health), sebuah platform terbuka untuk pengembang terbuka yang terdiri dari unit smartwatch yang berjalan pada sistem operasi (OS) Tizen dan konektor gelang yang memiliki modul sensor yang bisa dikustomisasi.



Karena Simband bersifat modular, pengembang dapat dengan mudah menghubungkan modul sensor dengan konfigurasi baru. Samsung menyediakan implementasi referensi yang disebut Simsense yang mendukung berbagai sensor, yang masing-masing menghasilkan aliran data yang unik.




Pengembang dapat mengembangkan algoritma baru untuk membaca dan menganalisis data ini secara real-time, atau mengakses data historis melalui platform pertukaran data SAMI. Ketika modul sensor mengumpulkan data biofisik, unit smartwatch Simband memiliki beberapa peran penting:
  • Menghubungkan secara otomatis dengan SAMI, untuk membuat data sensor yang tersedia untuk dianalisa via cloud.
  • Berjalan algoritma yang diinstal yang menganalisa data dan memberikan wawasan secara langsung.
  • Layar sentuh memungkinkan kontrol, umpan balik dan pemantauan oleh pengguna.



Simband bertindak sebagai jendela ke pemakainya. Perangkat yang berbasis pada platform Simband dapat terus memantau kesehatan dan aktivitas fisik, serta mendidik, melatih dan memberikan umpan balik yang akan membantu kesehatan penggunanya. Untuk pertama kalinya, Anda dapat mengajukan pertanyaan kesehatan tertentu dan mendapatkan jawabannya jelas, melalui wawasan langsung dari sumbernya: tubuh Anda.



Sedangkan Simsense seperti yang telah disebutkan diatas adalah modul multi-sensor yang telah dikembangkan untuk Simband. Simsense meliputi enam jenis sensor:
  • Elektrokardiogram (EKG), sensor yang mengukur aktivitas elektrik dari jantung. Elektroda perlu ditempatkan di jantung, atau dalam istilah praktis, satu di setiap sisi jantung.
  • Bio-Impedance (Bio-Z), sensor untuk pengukuran denyut jantung, sensor bio-impedansi bertujuan untuk mengukur gelombang nadi dari aliran darah di arteri.
  • Photoplethysmogram (PPG), sensor yang mengukur perubahan volume darah dalam jaringan darah. PPG adalah plethysogram yang diperoleh dengan menggunakan optik.
  • Galvanic Skin Response (GSR), sensor yang mengukur konduktivitas kulit. Perubahan konduktivitas kulit baik melalui perubahan jumlah keringat yang dikeluarkan ke kulit dari kelenjar keringat, dan juga melalui jumlah kelenjar keringat yang aktif.
  • Accelerometer, sensor/instrumen yang bisa merasakan dan mengukur kemiringan dan gerak.
  • Suhu kulit (termometer), modul sensor yang merasakan suhu kulit.







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar