Jumat, 17 Oktober 2014

Samsung Tizen TV akan menggunakan teknologi Quantum Dot bebas Cadmium?


Samsung Electronics berencana untuk memperkenalkan Quantum Dot TV (QD TV) bebas cadmium tahun depan. Samsung juga berencana mengalihkan semua pengembangan Smart TV ke Tizen TV mulai tahun depan. Quantum Dot LCD TV menawarkan rentang warna yang tinggi dan kualitas gambar yang sama seperti layar OLED, tetapi dengan biaya pembuatan yang jauh lebih murah.

"Kami akan merilis QD TV bebas cadmium tahun depan," kata seorang pejabat Samsung kemarin seperti dikutip oleh The Korea Times hari ini.

Teknologi QD sebelumnya dianggap sebagai proyek berisiko karena penggunaan cadmium, zat yang rentan menimbulkan masalah pada lingkungan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Samsung bekerjasama dengan Dow Chemical untuk menggunakan penerapan elektronik QD yang bebas cadmium yang dikembangkan oleh perusahaan kimia asal Amerika tersebut.

Dow Chemical baru-baru ini mulai memproduksi bahan QD bebas cadmium di pabrik mereka di Cheonan, Provinsi Chungcheong Selatan.

Samsung akan mampu menghasilkan QD TV dan penerapan lain yang terkait dalam skala besar tahun depan ketika permintaan diperkirakan akan tumbuh. Samsung Electronics seperti biasa akan bermitra dengan afiliasi teknologi lainnya dibawah Samsung Group, termasuk Samsung Display dan Samsung Technology Center, dengan Samsung Electronics mengelola penjualan dan distribusi akhirnya.

Dilain pihak, Samsung Electronics juga berencana untuk meluncurkan produk Smart TV pertama yang berbasis OS Tizen pada pameran dagang produk elektronik konsumen terbesar Consumer Electronic Show (CES) 2015 yang berlangsung pada awal Januari di Las Vegas. Selain itu, semua pengembangan TV kedepannya juga akan diarahkan ke Tizen.

"Awal tahun depan, Anda akan melihat banyak TV yang berjalan dengan sistem operasi Tizen di CES," kata Kim Hyun-suk, wakil presiden Samsung Visual Display Business. "Adapun untuk Samsung Smart TV saat ini, itu pada akhirnya akan bergabung menuju Tizen."

Samsung mengharapkan QD TV bebas Cadmium dengan pengelaman pengguna (UX) yang lebih disempurnakan lewat Tizen untuk membantu memperluas pangsa pasar globalnya. QD TV adalah varian dari LCD TV, yang berarti perlu ada investasi skala besar tambahan untuk membangun fasilitas manufaktur baru.

"Samsung akan mendorong pendekatan dua-jalur di bisnis TV tahun depan. Salah satunya adalah TV LCD untuk model menengah dan bawah, dan yang lainnya adalah QD TV bebas Cadmium," kata seorang pejabat di Korea Display Industry Association.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar