Senin, 20 Oktober 2014

Ekosistem Tizen nyaris komplit di China


Jika Samsung beberapa kali menunda perilisan smartphone Tizen dengan alasan ekosistem Tizen belum siap, maka sepertinya hal itu tidak berlaku di China. Hampir semua perusahaan teknologi software dan internet di China telah mengumumkan dukungan mereka untuk ekosistem Tizen saat berlangsungnya Tizen Developer Summit 2014 di Shanghai (TDS14SH) hari ini. Dan seperti Anda tahu, layanan Google, Facebook, Twitter, YouTube, Yahoo, Line, Instagram dan lainnya tidak berlaku di China.

Lee Hyo-gun, wakil presiden Samsung Electronics, dan Mark Skarpness, direktur open source Intel, yang mewakili Tizen Technical Steering Group (TSG) sebagai pembicara utama pertama di TDS14SH mengatakan bahwa Tizen versi 3.0 untuk sistem hiburan dalam mobil (IVI) akan dirilis pada akhir tahun ini, sementara untuk mobile akan dirilis tahun depan. Menurut wakil presiden Lee, OS Tizen saat ini telah dijalankan oleh perangkat wearable Samsung Gear 2 dan Gear S, serta kamera NX300 dan NX1, diantara lainnya. Dia juga menambahkan bahwa di masa depan, Tizen akan dipakai di Smart TV, peralatan rumah tangga, perangkat mobile, peralatan rumah tangga/Smart Home, IVI, dan tentunya Internet of Things (IoT).


Di China, Tizen telah bermitra dengan perusahaan software dan teknologi terkemuka seperti Baidu, Tencent, Alibaba, 360, LeTV, Yongche (易到用车), Sina, Dayima (大姨妈), ZAKER dan banyak lagi.

Liu Jun, wakil presiden Baidu, sebagai pembicara utama berikutnya mengatakan bahwa Baidu telah memiliki banyak proyek untuk Tizen, diantaranya Baidu Map yang telah diluncurkan untuk Tizen. Menurut Liu Jun, Baidu Map di Tizen memiliki kinerja lebih baik dari yang untuk Android, dan layanan berbasis lokasi mereka akan berjalan di berbagai perangkat Tizen.

Sementara Xie Ping-zhang, wakil presiden dari Tencent, mengatakan bahwa perusahaannya akan memberikan empat layanan andalan mereka untuk Tizen, khususnya yang terkait dengan layanan mobile untuk Tizen seperti instant messaging lewat WeChat, mobile browser, e-marketing, dan keamanan mobile.


Sedangkan Yu Yong-fu dari Alibaba menyatakan dukungannya buat Tizen, dengan mengatakan bahwa meskipun Tizen terlambat hadir di pasar, namun OS ini lebih terbuka jika dibandingkan dengan iOS, Android maupun Windows Phone. Oleh karena itu, Yu Yong-fu yang juga merupakan CEO dari UC Mobile menyatakan keyakinannya bahwa Tizen akan memiliki kesempatan lebih besar di China. Untuk Tizen, Alibaba antara lain akan menghadirkan UC Browser dan juga layanan navigasi Autonavi atau AMAP.

Berikut ini foto-foto highlight TDS14SH dari The Handheld Blog.








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar