Rabu, 17 September 2014

Smartwatch Samsung berikutnya akan mengenali sidik jari penggunanya untuk transaksi pembayaran


Samsung Electronics sedang mencoba untuk menambahkan fungsi pembayaran yang sederhana untuk lini smartwatch mereka untuk bersaing dengan Apple Watch tahun depan. Sebagai awalnya, Samsung Electronics akan bekerjasama dengan PayPal dan Synaptics untuk mengungkapkan smartwatch yang memiliki fungsi baru ini di Mobile World Congress (MWC) 2015, pameran mobile terbesar di dunia yang akan diselenggarakan pada bulan Maret di Barcelona, Spanyol.

Menurut sumber industri di Korea hari ini, Samsung Electronics, bersama dengan penyedia layanan transaksi keuangan global PayPal, sedang mempersiapkan untuk menginstal fungsi pembayaran mobile menggunakan sensor identifikasi biometrik termasuk verifikasi sidik jari ke dalam smartwatch generasi ketiga yang akan dirilis tahun depan.

Seorang pejabat tinggi di Samsung Electronics berkomentar, "Kami sedang mengembangkan smartwatch yang dilengkapi dengan teknologi identifikasi sidik jari dan solusi yang relevan melalui kerjasama dengan PayPal, perusahaan layanan transaksi keuangan yang paling terkenal di dunia, serta Synaptics, perusahaan global yang khusus menangani verifikasi biometrik. Pada awalnya, generasi ketiga smartwatch yang akan dirilis awal tahun depan akan memiliki sistem baru ini di mana pembayaran akan segera bisa dilakukan ketika pengguna mengidentifikasi diri mereka melalui sensor biometrik seperti sidik jari atau login."

Sistem pembayaran sederhana ini juga menyediakan pengguna dengan informasi promosi dari toko terdekat berdasarkan lokasi pengguna saat ini. Kemudian pengguna dapat memilih produk sebelum benar-benar memasuki toko dan melakukan pembayaran setelah menerima produk yang dibeli.

Informasi transaksi dan saldo rekening juga dapat diperiksa melalui pesan teks. Samsung Electronics berencana untuk memperluas layanan dari 25 negara saat ini ke lebih dari 50 negara di seluruh dunia. Karena layanan ini tidak dapat digunakan di Korea, karena sistem pembayaran PayPal belum diperkenalkan disana, Samsung Electronics sedang mempertimbangkan membawa layanan serupa secara internal.

Gerakan Samsung Electronics untuk mengaktifkan fungsi pembayaran sederhana dalam smartwatch diperkirakan sebagai upaya untuk bersaing dengan Apple.

Dalam peluncuran iPhone 6 sebelumnya, Apple mengumumkan akan merilis Apple Watch awal tahun depan dengan salah satu fiturnya mencakup sistem pembayaran menggunakan layanan Apple Pay yang menggunakan konektifitas NFC, bukan sistem identifikasi sidik jari yang akan digunakan oleh Samsung.

Saat ini, Synaptics adalah perusahaan global terkemuka dan yang paling aktif di pasar pembayaran melalui verifikasi biometrik seperti sidik jari. Synaptics sudah mendirikan Fast Identity Online (FIDO) Alliance, sebuah konsorsium industri internasional untuk identifikasi biometrik, dimana anggotanya termasuk lembaga keuangan besar seperti PayPal, Bank of America, Visa, Samsung Electronics, Microsoft, Google, dan LG.

Melalui aplikasi identifikasi biometrik yang dikembangkan bersama oleh perusahaan anggotanya, perusahaan kartu kredit global, termasuk Visa dan Mastercard dan lembaga keuangan utama termasuk PayPal dan BOA yang akan disinkronisasi dalam satu jaringan.

Mengenai hal ini, Richard Bergman, CEO Synaptics, mengatakan, "Sejak tahun lalu, kami telah memfokuskan pada pengembangan teknologi berjenis swipe di mana verifikasi pengguna dilakukan setelah menggesekkan jari pada layar A, bersama-sama dengan Samsung Electronics dan PayPal. Namun, mulai dari paruh kedua tahun ini, kita akan lebih berkonsentrasi pada pengembangan sistem pembayaran tipe area, yang dapat bekerja dalam rentang yang terbatas seperti dengan perangkat wearable. Perangkat wearable dengan verifikasi sidik jari dan solusi yang relevan akan dirilis awal tahun depan. "

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar