Kamis, 11 September 2014

Samsung siapkan strategi khusus hadapi Apple Watch dan Android Wear


Hampir semua produsen teknologi dunia kini telah meluncurkan produk wearable mereka masing-masing, termasuk Apple yang kemarin mengumumkan smartwatch terbarunya bersamaan dengan peluncuran Apple iPhone 6. Menghadapi hal ini, Samsung Electronics sebagai salah satu pelopor perangkat wearable di dunia telah menyiapkan strategi khusus untuk tetap memimpin pasar.

Secara umum strategi Samsung adalah memperluas pasar melalui perangkat wearable multi-range dengan 'cepat.' Ya, kecepatan dalam berinovasi dan menghadirkan produk baru ke pasar adalah salah satu keunggulan Samsung yang sulit ditandingi oleh perusahaan manapun. Komitmen untuk merespon permintaan konsumen yang kompleks dengan berbagai macam produk di pasar akan menjadi tantangan yang harus dihadapi.

Pasar wearable akan tumbuh dengan cepat seperti smartphone. Samsung Electronics akan menampilkan berbagai produk dalam lineup smartwatch untuk segmen pasar yang berbeda, mulai dari premium hingga entry-level untuk melawan Apple yang akan meluncurkan satu atau smartwatch premium dalam setahun.

Untuk tahun ini, Samsung telah meluncurkan 5 produk smartwatch diantaranya Gear 2, Gear 2 Neo, Gear Fit, Gear Live dan yang terbaru Gear S. Bagian perencanaan produk di divisi nirkabel di Samsung Electronics kabarnya telah menyiapkan smartwatch generasi berikutnya yang akan diluncurkan pada semester pertama tahun depan.

Samsung juga berniat memperluas pasar smartwatch dengan memperkenalkan produk yang memiliki kisaran harga yang lebih terjangkau dari model yang premium. Begitu juga dengan model, Samsung telah mempertimbangkan untuk meluncurkan smartwatch pertama dengan layar bulat selain desain persegi yang selama ini diusungnya. Perusahaan-perusahaan fashion berskala internasional maupun domestik akan turut digandeng untuk bekerjasama dalam menentukan pilihan desain produk untuk memperluas konsumen.


Pengiriman smartwatch secara global telah tumbuh 400 persen per-tahun berdasarkan laporan terbaru dari lembaga riset industri teknologi Strategy Analytics untuk kuartal kedua 2014, dan Samsung Electronics tercatat menjadi pemain dominan di pasar ini dengan menguasai 73,6% pangsa pasar, meningkat dari penguasaan 71% pada Q1 2014. Ditempat kedua adalah Pebble yang menguasai 13,1% pasar diikuti oleh Sony di tempat ketiga dengan penguasaaan pasar sebesar 8,4%.

Samsung berhasil menjual 700 ribu unit smartwatch seri Gear, seperti Gear 2 dan Gear 2 Neo pada kuartal kedua tahun ini, meningkat dari 500 ribu unit pada kuartal sebelumnya. Sementara Pebble dan Sony ditempat kedua dan ketiga masing-masing berhasil menjual 130 ribu unit dan 80 ribu unit.

"Sejauh ini, data memang telah membuktikan bahwa smartwatch Samsung seri Gear telah banyak berbicara di pasar," kata juru bicara Samsung Electronics di Korea. "Karena banyak perusahaan kini telah ikut melompat ke pasar, pangsa pasar smartwatch Samsung tahun depan mungkin akan turun. Namun karena jumlah permintaan pasar akan meningkat lebih besar, penjualan aktual akan meningkatkan lebih lanjut."

Banyaknya pemain yang terjun ke pasar smartwatch tentunya akan membuat pangsa pasar Samsung menurun karena harus berbagi dengan yang lain. Namun sisi positifnya, pasar smartwatch menjadi lebih bergairah dan konsumen menjadi lebih tertarik untuk memiliki smartwatch. Dan itu artinya penjualan smartwatch akan meningkat drastis sesuai tren pasar.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar