Jumat, 12 September 2014

Samsung konfirmasi TV dan peralatan rumah tangga berbasis Tizen akan meluncur tahun depan


Samsung Electronics hari ini mengkonfirmasi bahwa Smart TV dan peralatan rumah tangga yang mengadopsi sistem operasi (OS) Tizen akan dirilis secara massal mulai tahun depan. Tidak seperti produk smartphone yang mengalami penundaan, Samsung memastikan untuk produk TV dan peralatan rumah tangga akan meluncur tepat waktu karena dibangun untuk pasar mereka sendiri yang telah memimpin secara global.

"Pengembangan OS Tizen untuk produk TV yang akan meluncur tahun depan telah berjalan sesuai rencana," kata Kim Hyun-suk, wakil presiden Samsung Visual Display Business hari ini kepada wartawan di Korea. "Saat ini tes sedang dilakukan untuk melihat seberapa stabil sistem ini."

Samsung rencananya akan meluncurkan produk Smart TV pertama yang berbasis OS Tizen pada pameran dagang produk elektronik konsumen terbesar Consumer Electronic Show (CES) 2015 yang berlangsung pada awal Januari di Las Vegas.

"Awal tahun depan, Anda akan melihat banyak TV yang berjalan dengan sistem operasi Tizen di CES," kata wakil presiden Kim. "Adapun untuk Samsung Smart TV saat ini, itu pada akhirnya akan bergabung menuju Tizen."

Selain wakil presiden Kim, sebelumnya di acara Smart TV Technology Developer Conference 2014 "2014 스마트TV 기술 및 개발자 컨퍼런스" yang berlangsung pada bulan Juni di Seoul, Lee Tae-sung, salah seorang pejabat senior dari Samsung Electronics divisi Visual Display Business yang menghadiri acara ini mengatakan bahwa "Hardware TV yang sudah terpasang OS Tizen akan diluncurkan awal tahun depan."

Sementara eksekutif di Samsung Electronics yang bertanggung jawab untuk Smart Home juga mengkonfirmasi kehadiran peralatan rumah tangga berbasis Tizen. "Sebagian besar peralatan elektronik rumah tangga akan berbasis Tizen mulai tahun depan," katanya. "Meskipun kita belum memutuskan model mana item yang akan berjalan dengan OS Tizen, namun akan mencakup sebagian besar dari mereka."

Wakil presiden Kim sebelumnya di acara Smart TV Global Summit 2013 yang berlangsung pada awal November tahun lalu di hotel Renaissance, Seoul, mengatakan bahwa Tizen TV akan dirilis setelah kehadiran smartphone Tizen. Namun kemungkinan hal itu tidak berlaku lagi mengingat Samsung belum memiliki rencana untuk merilis smartphone Tizen dalam waktu dekat setelah pembatalan perilisan Samsung Z.

Samsung lebih percaya diri dengan pasar TV, peralatan rumah tangga maupun Smart Home karena memang mereka adalah pemimpin pasar saat ini, baik dari sisi hardware maupun software. Sedangkan untuk smartphone mereka cuma memimpin untuk hardware saja, dengan masih menyisakan ketergantungan pada Android dari Google untuk software.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar