Senin, 15 September 2014

Samsung adakan konferensi open source terbesar di Korea untuk mengembangkan ekosistem Tizen


Samsung Electronics akan mengadakan Samsung Open Source Conference (SOSCON) di Grand Intercontinental Seoul Parnars Grand Ballroom yang terletak di Samsung-dong, Seoul, selama 2 hari dari tanggal 16 sampai 17 September 2014. SOSCON, konferensi open source terbesar di Korea, adalah ajang buat pengembang software Korea untuk berkumpul untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan mereka tentang pengembangan software open source.

Pembicara kunci dalam acara ini antara lain adalah Jono Bacon, direktur senior XPrize Foundation yang sekaligus adalah manajer komunitas Ubuntu; Lee Min-suk dari NHN Next; Heo Tae-jun, pengembang kernel Linux dari Red Hat dan Carsten Haitzler, pendiri Enlightenment yang sekarang bekerja untuk Tizen di Samsung Electronics.

Masing-masing pembicara utama akan memperkenalkan pentingnya upaya untuk mengembangkan software open source, sejarah pengembangan komunitas open source, yang diharapkan bisa diperkenalkan kepada pengembang software open source di Korea.

Tujuan dari acara yang kali ini bertema "Fun with Open Source" adalah untuk memperluas ekosistem pengembang open source di Korea.

Ada banyak sesi yang akan dihadirkan, terutama berbagai hal yang berkaitan dengan Web, Internet of Things (IoT), Platform, Big Data Cloud, Community Compliance dan Lightning Talk yang akan memberi kesempatan kepada pengembang open source untuk membagikan pengalaman mereka tentang open source, baik secara teknis maupun non-teknis.

Selain itu juga akan diadakan hackathon untuk mengembangkan aplikasi buat ekosistem Tizen dan perangkat buatan Samsung.

"Kita berharap acara ini akan bisa meningkatkan partisipasi pengembang domestik dalam mengembangkan software open source," kata Choi Jong-deok, wakil presiden eksekutif dari Samsung Electrinics Software Center sekaligus co-Chair dari Tizen Technical Steering Group (TSG).

Samsung Electronics berencana untuk menyelenggarakan acara seperti ini tiap tahun untuk membangun sebuah ekosistem open source yang kuat di Korea. SOSCON juga disponsori oleh Intel dan Linux Foundation.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar