OS Linux kreasi China dan Korea akan meluncur akhir tahun ini


Munculnya kekhawatiran tentang kegiatan mata-mata dari Amerika Serikat dan monopoli software dari Microsoft, membuat pemerintah negara China dan Korea berniat untuk meluncurkan sistem operasi (OS) kreasi mereka sendiri untuk perangkat desktop komputer (PC) dan selanjutnya akan mengarah ke perangkat mobile.

Ni Guang-nan dari Chinese Academy of Engineering mengatakan kepada People's Post and Telecommunications News pada akhir Agustus kemarin bahwa OS China akan pertama kali muncul pada perangkat desktop pada bulan Oktober mendatang dan kemudian akan diperluas untuk smartphone dan perangkat mobile lainnya. Ni Guang-nan telah mengepalai aliansi pengembangan OS ini yang didirikan pada bulan Maret.

"China memiliki lebih dari selusin pengembang OS mobile tanpa hak kekayaan intelektual yang independen karena penelitian mereka didasarkan pada Android," kata Ni Guang-nan, yang menambahkan bahwa pengembangan software masa depan harus dipimpin oleh pemerintah.

Menurut laporan itu, Ni mengatakan berakhir penggunaan Windows XP dan larangan pemerintah untuk pengadaan Windows 8 telah membuka pintu untuk pengembangan OS domestik. "Kunci sukses kami terletak di lingkungan yang dapat membantu kita bersaing dengan Google, Apple dan Microsoft," kata Ni Guang-nan.

OS Korea akan didasarkan pada Linux Mint

Sementara OS berbasis Linux, hasil dari proyek pengembangan OS terbuka yang dipimpin pemerintah Korea, akan diperkenalkan sebagai versi desktop PC untuk pertama kalinya pada akhir tahun ini. Untuk pengguna yang tidak terbiasa dengan Linux, user interface (UI) saat ini sedang diperbaiki dan diterjemahkan ke dalam bahasa Korea. Strateginya adalah untuk bekerja sama dengan komunitas Linux lokal untuk terus meng-upgrade setelah rilis distribusi.

Menurut Departemen Ilmu, ICT & Perencanaan Masa Depan di National IT Industry Promotion Agency (LAN) hari ini, versi desktop PC dari Open OS, yang dikembangkan berdasarkan 'Linux Mint,' akan dirilis Desember mendatang. Open OS, yang sekarang dikembangkan sebagai open source, adalah bagian dari 'rencana penyegaran software terbuka' yang diumumkan oleh pemerintah Korea tahun ini. Alasannya sama dengan China, yaitu untuk mengurangi ketergantungan pada software dari Microsoft setelah berakhirnya dukungan Windows XP dan Windows 7.

"Karena sebagian besar pengguna lokal terbiasa menggunakan UI Windows, mereka tidak dapat dengan mudah membiasakan diri di Linux, sebuah OS open-source," kata Lim Seong-min, kepala Tim Promosi Software, Departemen Ilmu, ICT & Perencanaan Masa Depan. "Kami akan menyiapkan UI yang akrab sehingga untuk pengguna yang pertama-kali menggunakannya tidak akan merasa tidak nyaman."

Proses instalasi juga akan disederhanakan untuk pengguna FreeDOS desktop PC dan notebook. Tujuannya adalah untuk memungkinkan semua orang untuk dengan mudah menginstal Linux dan memperluas penggunaan OS terbuka. "Linux telah terus-menerus berkembang begitu banyak sehingga sekarang sudah sedikit ketidaknyamanan dalam menggunakannya, tapi pengguna Windows kemungkinan masih akan merasa kesulitan," kata Lim Seong-mi. "Kami akan memaksimalkan kenyamanan proses instalasi keseluruhan yang dimulai dengan lokalisasi OS."

Open OS dikembangkan dan dimodifikasi berdasarkan 'Linux Mint.' Linux Mint adalah distribusi Linux turunan dari Ubuntu. Seperti meliputi JAVA dan Plugin Flash web secara default, yang mudah untuk diinstal.

"Kami memilih 'Linux Mint' karena kami pikir itu paling cocok untuk lingkungan desktop PC," kata Moon Jang-won, ketua tim open software di NIPA. "Karena merupakan Linux turunan Ubuntu seri Debian, itu membuka jalan bagi pengembang Linux lainnya untuk berpartisipasi dengan mudah."

Departemen Ilmu, ICT & Perencanaan Masa Depan akan mendorong komunitas open source untuk berpartisipasi dengan membuka source yang digunakan dalam seluruh proses pengembangan dan memodifikasi OS terbuka. Hal ini juga akan bekerja sama dengan komunitas Linux Mint dan Ubuntu lokal setelah rilis distribusi, dan meng-upgrade OS. "Untuk merespon dengan cepat perubahan distribusi pasar dari Linux, kerjasama komunitas sangat diperlukan," kata Lim Seong-min. "Kami akan meningkatkan kualitas distribusi dengan meningkatkan kompatibilitas dengan perangkat periferal dan menerapkan software penting, seperti program pengolah kata."


Comments