Sabtu, 13 September 2014

BlackBerry siapkan BBM untuk Samsung Gear S?


BlackBerry dilaporkan sedang menguji perangkat wearable secara internal dan salah satu pimpinan eksekutif mereka mengatakan bahwa mereka menginginkan layanan BlackBerry Messenger (BBM) bisa berjalan pada perangkat wearable. BlackBerry sendiri belum memiliki rencana merilis perangkat wearable sendiri.

"Kita telah melakukan beberapa eksperimen secara internal dengan produk wearable yang berbeda," kata John Sims, presiden BlackBerry untuk layanan enterprise global, selama berdiskusi satu meja dengan wartawan di Las Vegas pada tanggal 10 September kemarin yang dikutip oleh Fierce Wireless.

"Saya akan merasa senang jika BBM bisa berjalan pada perangkat wearable," tambahnya. John Sims juga menekankan bahwa BlackBerry tidak akan mengumumkan atau merilis produk wearable, tetapi ia mengatakan, "itu pasti masuk area penelitian bagi kita."

Jika memang BBM akan hadir di perangkat wearable, kemungkinan besar yang akan mendapatkannya adalah Samsung Gear S dengan beberapa alasan yang menguatkan.

Yang pertama, Samsung dikenal suka bekerjasama dengan perusahaan pengembang software agar aplikasi buatan mereka bisa mendarat ekslusif di perangkat buatan mereka untuk pertama kalinya, apalagi jika aplikasi itu bisa menggantikan aplikasi Android buatan Google. Contoh yang paling dekat tentunya adalah aplikasi pemetaan HERE Maps buatan Nokia.

Jika Anda masih mengingat kemunculan aplikasi BBM pertama kali pada perangkat non-BlackBerry, Samsung menjadi yang pertama kali mengiklankannya dan memang tersedia eksklusif selama beberapa waktu untuk smartphone Galaxy sebelum menyambangi perangkat Android lainnya.

Alasan yang ketiga adalah kemudahan buat BlackBerry sendiri untuk menghadirkannya di perangkat wearable Samsung. Kita tahu baik Samsung, Apple maupun Google memiliki layanan messaging buatan mereka sendiri, namun cuma Samsung yang tidak terlalu mengutamakannya hadir di perangkat mereka.

Mengapa harus Gear S dahulu, dan bukan Gear 2? Selain lebih baru, ini juga terkait dengan 'killer feature' pada Samsung Gear S yang tidak dimiliki oleh smartwatch lainnya, yaitu konektivitas 3G dan dukungan keyboard qwerty yang menjadikannya lebih leluasa untuk berkirim pesan tanpa harus tergantung pada smartphone atau tablet. Samsung nantinya juga bisa memanfaatkan kemampuan ini ditambah BBM untuk mengklaim perangkatnya lebih kaya fitur dibanding smartwatch lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar