Rabu, 20 Agustus 2014

Samsung produksi massal chip LTE untuk Exynos mulai bulan ini


Samsung Electronics akan mulai merilis chip embedded untuk fungsi komunikasi di jaringan 4G LTE pertama yang dikembangkan sendiri mulai bulan ini. Chip modem LTE ini akan digunakan untuk menemani prosesor aplikasi mobile (AP) Exynos untuk digunakan pada smartphone, sehingga bisa menghilangkan ketergantungan pada chip buatan Qualcomm yang selama ini telah mendominasi pasar.

Menurut situs Korea 매경닷컴, Divisi System LSI dari Samsung Electronics pada hari Selasa kemarin mengkonfirmasi bahwa mereka telah mulai memproduksi chip komunikasi untuk smartphone "Exynos Modem 303" dari pertengahan Agustus. Chip komunikasi yang merupakan bagian dari lini Exynos Modem 300 ini adalah komponen kunci dari sebuah smartphone yang mengubah sinyal radio menjadi suara atau informasi elektronik. Tapi karena Samsung Electronics belum memiliki chip komunikasi sendiri, sejauh ini mereka telah mengimpor komponen yang diproduksi oleh Intel atau Qualcomm untuk digunakan pada smartphone mereka yang mendukung jaringan LTE.

Samsung Electronics berencana untuk menanamkan Exynos Modem 303 pertama kali ke dalam smartphone "Galaxy Alpha," yang akan dirilis bulan depan, dan menggunakan model terbaru dari chip LTE dengan fungsi ditingkatkan untuk "Galaxy Note 4," yang akan diresmikan sebelum berlangsungnya pameran dagang produk elektronik konsumen Internationale Funkausstellung (IFA) 2014 yang akan berlangsung bulan depan di Berlin.

Menurut perusahaan riset pasar iSuppli, penjualan komponen untuk sistem semikonduktor milik Intel meningkat dari $10,9 juta pada kuartal pertama (Q1 2014) menjadi $11,8 miliar pada Q2 2014 dan untuk Qualcomm juga meningkat dari $4,2 milyar menjadi $4,9 milyar pada periode yang sama. Di lain pihak penjualan komponen semikonduktor dari Samsung Electronics turun dari $2,5 milyar menjadi $2,3 milyar.

Hal ini karena produsen smartphone global seperti Samsung Electronics dan Apple telah menggunakan chip komunikasi dari Intel dan Qualcomm atau produk yang menggabungkan chip komunikasi dengan prosesor aplikasi mobile (AP). Analis industri mengharapkan produksi massal dari Exynos Modem 303 akan membantu penjualan komponen semikonduktor Samsung Electronics dan menaikkan kembali pangsa pasar mereka pangsa pasar pada akhir tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar