Pasar smartwatch tumbuh 400% di Q2 2014, OS Tizen kuasai 50% pasar


Pengiriman smartwatch secara global telah tumbuh 400 persen per-tahun berdasarkan laporan terbaru dari lembaga riset industri teknologi Strategy Analytics untuk kuartal kedua 2014. Sistem operasi (OS) Tizen untuk wearable telah menjadi pendorong utama untuk pertumbuhan besar di pasar smartwatch dunia.

Menurut data dari Strategy Analytics, Samsung Electronics tercatat menjadi pemain dominan di pasar ini dengan menguasai 73,6% pangsa pasar smartwatch dunia di Q2 2014, meningkat dari penguasaan 71% pada Q1 2014. Ditempat kedua adalah Pebble yang menguasai 13,1% pasar diikuti oleh Sony di tempat ketiga dengan penguasaaan pasar sebesar 8,4%.

Samsung berhasil menjual 700 ribu unit smartwatch seri Gear, seperti Gear 2 dan Gear 2 Neo pada kuartal kedua tahun ini, meningkat dari 500 ribu unit pada kuartal sebelumnya. Sementara Pebble dan Sony ditempat kedua dan ketiga masing-masing berhasil menjual 130 ribu unit dan 80 ribu unit.

Samsung Electronics juga tercatat menjadi penguasa di 14 negara seperti di Korea Selatan, Amerika Serikat, Jepang, Republik Rakyat China, India dan Afrika Selatan, dari 15 negara tempat peredaran smartwatch di seluruh dunia. Pencapaian luar biasa ini menjadikan Samsung sebagai penguasa pasar smartwatch selama empat kuartal berturut-turut.

Dari sisi sistem operasi (OS) untuk smartwatch, Tizen melalui Samsung Gear 2 dan Gear 2 Neo berhasil menguasai 47,8% pasar atau sebanyak 500 ribu unit terjual di Q2 2014. Android Wear melalui Samsung Gear Live dan LG G Watch berada di tempat kedua dengan pangsa pasar 28,6% atau pengiriman sebanyak 300 ribu unit.

Disini dapat dilihat, baik melalui OS Tizen atau Android Wear Samsung tetap memimpin pasar. Jadi wajar kiranya kalau Google kecewa berat karena Samsung lebih aktif membangun ekosistem Tizen untuk wearable daripada Android Wear.


Comments

Post a Comment