Kamis, 21 Agustus 2014

Pangsa pasar TV Samsung tembus rekor dunia di Q2 2014


Walaupun pangsa pasarnya tengah menurun untuk produk smartphone low-end karena kejenuhan industri, namun hal itu tidak berimbas ke bisnis mereka yang lain. Setelah berhasil meningkatkan penguasaan di pasar smartwatch dengan pangsa 73,6%, samsung juga terus memantapkan dominasinya di pasar TV. Hal ini merupakan berita bagus mengingat sistem operasi (OS) Tizen akan melebarkan sayapnya ke pasar Smart TV mulai tahun depan.

Samsung Electronics hari ini mengumumkan bahwa mereka telah memimpin pasar dunia untuk TV layar datar untuk 34 kuartal berturut-turut pada periode April-Juni, didukung oleh penjualan yang kuat di pasar negara berkembang. Mengutip data yang dirilis oleh analis industri DisplaySearch, Samsung mengatakan pangsa pasar global untuk TV layar datar mereka telah menembus rekor 31,8 persen pada kuartal kedua, naik 1,2 persen per-kuartal untuk semakin menjauhkan posisinya di puncak teratas.

Dilain pihak, saingan terbesar mereka, LG Electronics, pangsa pasarnya malah jatuh 0,4 persen selama periode dikutip untuk penguasaan 16,5 persen. Data juga menunjukkan Sony dari Jepang dan Hisense dari China masing-masing mengumpulkan 8,5 persen dan 5,2 persen.

Untuk semester pertama 2014, Samsung membukukan pangsa pasar dengan rekor tinggi 30,7 persen, diikuti oleh LG Electronic dengan 16,7 persen. Sementara Sony dengan 7,7 persen.

Samsung mengatakan juga telah mendapatkan pijakan yang kuat di pasar UHD TV dengan pangsa pasar sebesar 43,3 persen pada kuartal kedua, jauh di atas LG 11,8 persen dan Sony 10 persen. Ini merupakan peningkatan dari 21,6 persen pada kuartal pertama. Peningkatan penjualan yang kuat ini disebabkan meningkatnya permintaan di pasar China.

Menurut Samsung, pangsa pasar mereka untuk model high-end, dengan harga diatas US$ 1.500, juga telah melewati 50 persen pada kuartal kedua.

Sementara sebuah data terpisah yang disusun oleh Strategy Analytics, malah menunjukkan harga rata-rata penjualan Samsung untuk TV layar datar turun 13 persen pada semester pertama 2014 dari tahun lalu, yang menandakan Samsung lebih memilih meningkatkan pangsa pasar dunia mereka dibandingkan meningkatkan margin laba. Harga rata-rata lineup TV Samsung berkisar $646 pada periode Januari-Juni, sedangkan pengiriman gabungan naik 16 persen.

Pengamat industri mengatakan permintaan produk Samsung meningkat di Amerika Latin karena Piala Dunia FIFA 2014 di Brasil, setelah Samsung agresif mempromosikan model Ultra HD mereka di seluruh dunia. Dikatakan juga kalau Samsung memilih untuk menjual TV pada harga relatif lebih murah di pasar negara berkembang.

Analis ini menambahkan bahwa Samsung bertujuan untuk penjualan yang lebih besar pada semester kedua dengan menembus lebih dalam ke pasar TV layar datar di Amerika Utara dan Eropa. Samsung mengirim 48,3 juta unit TV layar datar pada tahun 2013, dan pengamat industri mengantisipasi penjualan gabungan produk Samsung akan bisa melampaui rekor 50 juta tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar