Jumat, 29 Agustus 2014

Nokia siapkan HERE Maps generasi baru untuk perangkat wearable dan mobil


Dalam pengumumannya hari ini, Nokia mengatakan telah mempersiapkan layanan navigasi andalannya HERE Maps buat seluruh perangkat Tizen yang akan datang. Bagi mereka yang pernah menggunakan aplikasi HERE Maps, ini adalah layanan navigasi terbaik di dunia dengan beberapa fitur yang tidak ada di aplikasi lainnya yang memanfaatkan fungsi GPS, misalnya seperti kelengkapan peta dan bisa digunakan secara offline.

Ketika ditanya apakah akan membawa HERE Maps ke Android setelah Tizen, jawaban juru bicara Nokia dalam hal ini sangat menarik.

"Android adalah OS yang gemuk," kata Sean Fernback, wakil presiden senior dari Everyday Mobility di HERE. "[Sedangkan] Tizen adalah sistem operasi yang ringan yang lebih kompatibel dengan teknologi wearable."

"Apa pun yang diskala dengan baik kita akan mengadopsi," kata Sean Fernback. "Produk wearable adalah kesempatan besar, tapi kita belum melihat yang terbaik dari itu. Kita sedang mempelajari Internet of Things dengan cermat."

HERE Maps adalah salah satu yang dipertahankan oleh Nokia ketika divisi perangkatnya diakuisisi oleh Microsoft senilai $7 miliar, membuktikan betapa pentingnya layanan ini buat Nokia. HERE Maps saat ini adalah aplikasi navigasi yang paling banyak digunakan di mobil.

Pada bulan Desember tahun lalu, Nokia menarik aplikasi HERE Maps dari Apple iTunes Store dengan alasan perubahan yang dilakukan oleh Apple pada iOS7 telah merusak pengalaman pengguna. Nokia kemudian menyarankan pengguna Apple untuk menggunakan situs mobile dari HERE seperti pengguna smartphone dengan OS lainnya selain Windows Phone.

Kelebihan HERE Maps dibanding aplikasi GPS lainnya adalah Anda dapat menyimpan peta pada perangkat Anda, apakah itu smartphone atau smartwatch, sehingga Anda masih dapat menggunakannya bahkan ketika Anda sedang tidak terhubung dengan internet. Aplikasi ini bahkan akan menghitung rute dan memberikan arah yang benar ketika Anda sedang offline.

Peta offline tersedia untuk hampir 100 negara, yang berarti ketika Anda berada di luar negeri Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk terkoneksi dengan internet untuk bisa membuatnya bekerja untuk menuntun Anda ke arah yang diinginkan. Dan jika Anda kebetulan berada di salah satu dari 750 kota di 40 negara, Anda bahkan juga bisa mencari informasi transportasi umum tanpa sambungan data. Bekerja secara offline juga akan sangat menghemat penggunaan baterai saat bepergian.

Nokia ingin memodernisasi HERE Maps demi perangkat wearable dan Smart Car

Munculnya produk wearable dan mobil terhubung atau connected car berarti hardware telah ada untuk perusahaan seperti HERE untuk dipelajari buat pemetaan generasi berikutnya, melampaui jalan dan jalur yang sudah terbiasa kita gunakan dari peta kertas. "Kami ingin memodernisasi peta," kata Sean Fernback.

Salah satu tahapan berikutnya adalah pemetaan dalam ruangan, menunjukkan kepada Anda bagaimana untuk berkeliling di dalam pusat perbelanjaan, stasiun kereta api, museum dan tempat-tempat lain. HERE saat ini memiliki peta indoor di lebih dari 90.000 bangunan di 71 negara, berdasarkan data yang dikumpulkan dari informasi yang disampaikan oleh tempat atau oleh tim dari orang-orang yang mengeksplorasi dan memetakan tempat - dimana HERE menyebutnya sebagai "gig walking (pertunjukan berjalan)."


Via cnet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar