Selasa, 12 Agustus 2014

Dengan teknologi wearable, berita dan informasi yang akan mengikuti Anda


Jika Anda tidak membaca koran, menyalakan televisi, mengaktifkan komputer atau mengeluarkan smartphone, Anda masih bisa mendapatkan berita dan informasi - melalui teknologi wearable.

Setelah produk wearable mulai mendapatkan traksi, para pemasok berita kini mulai mengincar perangkat ini untuk potensi mereka dalam menghadirkan berita utama, dan informasi lainnya kepada orang-orang yang ingin tetap up-to-date. Beberapa aplikasi berita telah memiliki kapasitas untuk memberikan pemberitahuan berita, atau artikel secara penuh, untuk smartwatch seperti Samsung Gear 2 dan Gear 2 Neo.

"Kita akan bekerja pada kecepatan penuh pada smartwatch," kata Gilles Raymond, kepala eksekutif News Republic yang berbasis di San Francisco, sebuah aplikasi mobile yang memberikan berita untuk perangkat mobile dari ratusan outlet.

Raymond mengatakan kepada AFP bahwa dia mengharapkan orang akan merasakan gunanya untuk mendapatkan tidak hanya judul berita, tetapi artikel penuh pada smartwatch setelah tren wearable mulai terdongkrak.

"Ketika iPhone pertama keluar, orang-orang mengatakan bahwa tidak satupun yang akan membaca berita di ponsel. Sekarang tidak seorangpun yang mengatakan itu," kata Raymond. "Orang-orang akan mulai membaca artikel di jam tangan. Mereka mungkin tidak akan membaca 300 artikel, tapi orang-orang akan cepat beradaptasi dengan teknologi baru ini."

Raymond mendirikan News Republic di Perancis dan telah diperluas ke pasar Eropa lainnya serta Amerika Utara dan China, menggabungkan berita dari ratusan outlet, termasuk AFP, Al-Jazeera, Reuters dan Associated Press.

Pada bulan April 2014, perusahaannya merilis aplikasi News Republic dan Appy Geek untuk Samsung Gear 2, Gear 2 Neo dan Gear Fit. Kedua aplikasi gratis ini membawa berita yang terus diupdate tiap menit dari lebih dari 900 sumber berita berlisensi penuh yang menghadirkan lebih dari 10.000 artikel per hari untuk smartwatch.

Roman Karachinsky, CEO dari News360, juga melihat masa depan untuk produk wearable, tetapi terutama untuk notifikasi cepat bukan sebaliknya. "Kami ingin mengubah rumus dari saat di mana Anda pergi dan mencari informasi di dunia, dengan di mana informasi akan menemukan Anda ketika itu relevan dan berguna," kata Karachinsky.

Notifikasi ini memenuhi kebutuhan untuk mendapatkan informasi dengan cepat - apakah itu skor olahraga, aksi pasar saham atau berita - dalam cara yang mencolok.

"Daripada menggali di saku Anda untuk mencari smartphone Anda, sekarang Anda hanya perlu melihat pergelangan tangan Anda," kata Karachinsky. "Itu adalah pengalaman yang sangat transformatif."

Masih belum jelas saat ini seberapa cepat teknologi wearable akan booming, dan bagaimana cara orang akan menggunakan perangkat ini. Namun beberapa analis mengatakan bahwa smartwatch dapat memperoleh lebih banyak traksi ketika mereka menjadi mandiri seperti smartphone, memungkinkan orang untuk melupakan ponsel mereka untuk beberapa waktu.

Roger Kay, analis di Endpoint Technologies Associates, mengatakan berita di smartwatches mungkin akan terbatas pada item pendek yang dapat diserap dalam sekejap.

"Tampilan sekilas itu penting," kata Kay. "Saya tidak membayangkan orang-orang akan menyipitkan mata pada jam tangan mereka untuk membaca artikel. Mereka sudah memiliki cukup kesulitan membaca pada ponsel mereka." Namun, Kay kemudian mencatat bahwa "judul yang ditulis dengan baik dapat merangkum seluruh cerita."

Untuk perusahaan berita yang berjuang dengan transisi ke era digital, para analis berpendapat bahwa produk wearable mungkin menawarkan bantuan.

Ken Doctor dari perusahaan riset media Outsell mengatakan bahwa perusahaan berita mungkin dapat membawa lebih banyak pembaca dengan notifikasi yang disesuaikan dengan kepentingan mereka, dengan memberikannya melalui produk wearable.

Ken Doctor mengatakan bahwa perusahaan berita utama sekarang mengirimkan jutaan email berita penting bagi pembaca yang telah mendaftar, dan ini mendorong lebih banyak lalu lintas ke situs-situs. Hal yang sama bisa berlaku untuk notifikasi pada produk wearable.

"Bisnis notifikasi berita, yang telah ada selama 20 tahun, akan menuju kebangkitan besar," katanya. "Ini adalah teknik yang bekerja karena adanya mobile dan smartphone."

Penting dalam upaya ini adalah mendapatkan banyak pembaca untuk mendaftar, untuk dapat menentukan berita yang mereka ingin baca - pada dasarnya melacak kebiasaan mereka menggunakan teknik yang sama digunakan oleh pengecer seperti Amazon atau layanan seperti Netflix.

"Orang-orang mengharapkan notifikasi untuk berita yang penting bagi mereka," kata Ken Doctor. "Dan saya akan berpikir kemampuan produk wearable untuk memberikan notifikasi adalah sangat baik dan hal itu bisa memacu banyak orang untuk membaca berita."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar