Selasa, 25 Juni 2013

CEO Huawei: OS Android tidak cocok untuk konsumen


CEO Huawei, Richard Yu, terkenal sebagai orang yang suka mengkritik pesaingnya dan juga mitranya sekaligus. Di berbagai kesempatan berbicara di depan publik atau kesempatan wawancara dengan berbagai media, dia terkadang menyelipkan kata-kata pedas untuk perusahaan lain atau produk dari perusahaan lain.

Dalam wawancara dengan situs Telegraph dari Inggris di bulan Juni tahun lalu, Richard Yu menyebut bahwa produk smartphone Samsung itu sebenarnya "biasa-biasa saja" sambil memuji produk smarphone buatan perusahaannya. "[Produk] Kita tidak terbuat dari plastik," katanya.

Dia terus melanjutkan perkataannya: "Industri ini sangat dinamis-tidak peduli seberapa sukses Anda, jika Anda saat ini No 1, tidak berarti besok Anda akan menjadi No 1. ...Samsung, mereka memiliki uang yang banyak-jika Anda berinvestasi dalam marketing dan branding, maka orang-orang akan selalu membeli tidak peduli seberapa baik produknya."

Dalam kesempatan lainnya, Richard Yu juga sesumbar kalau perusahaannya akan bisa mengungguli Apple. "Dalam update terbaru, Apple membuat ponsel yang sangat mudah digunakan," kata Yu. "Tetapi jika kita hanya belajar dari mereka, kita tidak bisa mengejar, karena mereka sekarang sudah terperosok. Kita ingin pergi lebih tinggi dari mereka."

Tidak hanya pesaingnya yang mendapat kritikan pedas dari Richard Yu, mitra perusahaannya juga tidak luput dari berbagai sindirannya.

Dia mengaku memiliki hubungan baik dengan Google karena cuma OS Android menurutnya yang laku untuk smartphone. Tapi menurut Richard Yu, smartphone Android yang bagus adalah buatan perusahaannya, bukan buatan Google. "Kami ingin Android menjadi lebih user friendly, jadi kami telah membuat banyak perbaikan. [Android buatan] Google cocok untuk seorang engineer, tapi itu tidak cocok buat konsumen. Ini sedikit terlalu rumit," katanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar