Rabu, 30 Juli 2014

Samsung kalahkan Apple, Nokia dan BlackBerry untuk menjadi merek smartphone terpopuler di Indonesia dan negara lainnya


"Apa merek favorit Anda ketika Anda berencana untuk membeli sebuah smartphone baru?" Untuk pertanyaan ini, Samsung Electronics menduduki puncak daftar survei yang diumumkan oleh Credit Suisse Research Institute (CSRI) pada hari Senin (28/7) kemarin dengan sekitar 30 persen responden mengatakan mereka lebih memilih Samsung daripada merek lainnya.

Lembaga ini telah mengajukan pertanyaan kepada 15.873 konsumen dari sembilan negara-negara berkembang termasuk Brasil, China, India, Indonesia, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan dan Turki.

Merek Samsung terbukti paling populer - menurut jajak pendapat itu - diantara konsumen yang tinggal di Arab Saudi (57%), diikuti oleh Turki (46%), Brasil (42%), China (38%), India (31%), Rusia (27 %) dan Meksiko (22%). Dan Samsung juga berhasil melampaui merek terpopuler sebelumnya yang lebih dulu hadir di pasar Indonesia dan Afrika Selatan seperti Nokia dan BlackBerry yang terbukti masih populer di kedua negara berkembang ini.

Dan yang penting dijadikan sebagai catatan adalah bahwa popularitas keseluruhan dari Apple ternyata relatif rendah. Menurut CSRI, merek Apple memang juga menjadi pilihan favorit di China dan Arab Saudi, tetapi di pasar negara berkembang lainnya, persepsi merek dari pembesut smartphone seri iPhone ini tidak begitu tinggi.

Keberhasilan Samsung Electronics tidak hanya dalam meningkatkan pengenalan merek di sektor smartphone tetapi juga dalam kategori lain seperti TV dan personal computer atau PC. Dalam kasus TV, merek Samsung terlihat telah mengalami peningkatan dalam penetrasi merek di China, Meksiko, Rusia, Arab Saudi dan Afrika Selatan dibanding tahun-tahun sebelumnya.


Via CSRI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar