Kamis, 31 Juli 2014

Peneliti Samsung kini ikut tentukan standarisasi teknologi web di W3C


Soohong Daniel Park, Peneliti Senior di Samsung Electronics Software Center, terpilih sebagai anggota Dewan Penasehat (Advisory Board) di World Wide Web Consortium (W3C). Sebagai salah satu dari sembilan anggota Dewan Penasehat W3C, Daniel Park bertanggung jawab untuk melakukan berbagai kegiatan penelitian tentang Standarisasi Web serta menghadiri pertemuan rutin.

Untuk dipilih menjadi anggota Dewan Penasehat W3C, seseorang harus memiliki rekam jejak penelitian yang substansial dan mendapat tanggapan positif dari anggota W3C. Lalu mulai kapan Daniel Park tertarik pada Standarisasi Web dan melibatkan W3C?

"Itu hanya karena kecintaan pada internet," kata Daniel Park mengungkapkan motivasinya. Kembali pada hari-hari awal ketika ia bergabung dengan Samsung, ia memulai penelitian tentang Internet dan Standarisasi Web dengan melakukan serangkaian proyek jangka pendek. Dalam proses melakukan tugas-tugas yang berhubungan, ia menemukan pentingnya konsorsium internasional seperti W3C.

"Situs Web terdiri dari dokumen yang penuh dengan informasi. Dan untuk berbagi informasi dengan benar, Standar Web sangat penting," jelasnya lebih lanjut, sambil menyebutkan alasan Tim Berners-Lee mendirikan W3C.

Ketika Berners-Lee pertama kali menciptakan Web, ia mengaktifkan penyebarannya dengan membuka teknologi web agar semua orang bisa mengakses web dan berbagi manfaatnya. Namun, setelah Web menjadi populer, berbagai browser web muncul dan saling bersaing, menambahkan teknologi HTML mereka sendiri yang eksklusif. Dengan demikian, tergantung pada browser web yang digunakan, elemen web tertentu menjadi tidak bisa digunakan dan halaman web yang sama dipandang secara berbeda oleh pengguna. Ini menghambat tujuan awal dari Berners-Lee yang ingin menciptakan web yang universal. Saat ia menyadari masalah ini, ia kemudian membentuk sebuah organisasi dengan perusahaan dan asosiasi yang berhubungan dengan Web, untuk membahas dan menetapkan Standarisasi Web. Hasilnya, W3C didirikan pada tahun 1994.

Dengan mengatur teknologi HTML yang ada, W3C mengumumkan HTML 2.0 pada tahun 1995 sebagai bahasa markup standar. Mulai dari itu, W3C telah mengembangkan standar HTML dan HTML5 sedang dikerjakan saat ini. Berbagai spesifikasi teknis dan pedoman termasuk CSS (Cascading Style Sheet) dan DOM (Document Object Model) sedang dibuat juga.

Sejak Daniel Park menyadari pentingnya Standar Web, ia mulai mencoba untuk terlibat dalam W3C. Pada tahun 2006, Samsung Electronics menjadi anggota W3C dan Daniel Park telah bekerja sebagai perwakilan Samsung di W3C. Namun, meskipun Samsung adalah salah satu perusahaan terbesar yang dikenal secara global, Daniel Park tidak juga diakui oleh anggota W3C pada awalnya karena Samsung tidak terlibat aktif di bidang software pada saat itu. Tapi buat Daniel Park, itu seperti sebuah petualangan untuk mengembangkan dirinya. Karena Standarisasi Web adalah apa yang dia benar-benar suka mengerjakannya, ia bekerja lebih keras dan membuat berbagai upaya dengan sungguh-sungguh.

Tak lama, upaya Daniel Park berbuah. Pada bulan Maret 2008, ia terpilih sebagai Ketua Media Anotasi Kelompok Kerja (Chair of Media Annotation Working Group) dari W3C. Dan tahun ini, ia terpilih sebagai anggota Dewan Penasehat (Advisory Board). Dia sekarang bertanggung jawab untuk kegiatan penelitian tentang Standarisasi Web dalam hal yang lebih luas serta menghadiri pertemuan rutin W3C, selama dua tahun terhitung sejak bulan ini.

Tahun-tahun belakangan ini Samsung Electronics telah aktif dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan internet, khususnya Internet of Things (IoT) melalui proyek Tizen. Saat berlangsungnya International World Wide Web Conference (WWW2014) yang ke-23 yang diadakan di Korea yang juga memperingati 25 tahun dari Web dan ulang tahun ke 20 W3C, Jong-Deok Choi, Executive Vice President di Samsung Software R&D Center dan juga co-Chair dari Tizen Technical Steering Group(TSG), menjadi pembicara utama di acara ini. Dan baru-baru ini Samsung telah ikut mendirikan Open Interconnect Consortium (OIC) dan bergabung dengan Thread Group.

Setelah 'era mobile,' setiap perangkat akan terhubung melalui internet, dan Samsung secara aktif bergerak pada bidang tersebut. Dan dalam tahap kedatangan Internet of Things (IoT), Standar Web akan mengambil peran yang paling penting. Ini adalah mengapa tampaknya kita dapat lebih berharap pada langkah selanjutnya dari Daniel Park demi kemajuan Tizen di masa depan.


Via Samsung Tomorrow

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar