Minggu, 01 Juni 2014

Tutorial update Galaxy Gear SM-V700 ke Tizen 2.2.1.1 secara manual


Samsung telah mulai meluncurkan update terbaru untuk smartwatch Galaxy Gear yang akan meng-upgrade perangkat dengan sistem operasi Tizen. Pembaruan dilengkapi dengan software Tizen versi 2.2.1.1 untuk Galaxy Gear dengan nomor model SM-V700.

Update Tizen membawa fitur yang pertama kali diperkenalkan di Gear 2 dan Gear 2 Neo, kecuali fitur yang tergantung pada hardware seperti sensor detak jantung. Selain itu, software Tizen meningkatkan kinerja serta masa pakai baterai Galaxy Gear. Di antara fitur utama lainnya adalah pemutar musik mandiri (Anda dapat menyimpan musik pada jam tangan Anda), cara pintas yang disesuaikan untuk input tekan dan perintah suara di dalam kamera.

Pengguna bisa mengambil update dari server Samsung Kies, atau men-download secara manual menggunakan alat flashing Odin. Saat ini belum ada informasi tentang update secara over-the-air (OTA).

Upgrade Galaxy Gear menggunakan Kies akan menghapus semua data dari smartwatch. Sebuah layar peringatan akan muncul sebelum update dimulai membuat cadangan (back up) data. Selain itu, smartwatch perlu dipasangkan (dipairing) dengan smartphone atau tablet. Beberapa aplikasi pihak ketiga tidak akan bekerja setelah proses update karena tidak akan kompatibel. Berikut adalah rincian firmware untuk Tizen 2.2.1.1.

Detail Firmware
  • Model: SM-V700
  • Model name: Galaxy Gear
  • Version: Tizen 2.2.1.1
  • Changelist: N/A
  • PDA: V700XXUCNE9
  • CSC: V700OXACNE9
  • MODEM: V700XXUCNE9

Mereka yang ingin update Galaxy Gear secara manual untuk software Tizen 2.2.1.1, dapat mengikuti panduan langkah-langkah berikut ini. Kita perlu mengingatkan terlebih dulu kepada pembaca bahwa kita tidak akan bertanggung jawab atas akibat apapun yang terjadi. Sebelum flashing firmware, pengguna disarankan untuk memverifikasi apakah perangkat mereka memenuhi persyaratan sebagai berikut.

Persyaratan awal
  1. Instal Driver USB untuk Samsung Galaxy Gear untuk menghubungkan perangkat Android dengan komputer. (Driver USB bisa didapatkan disini)
  2. Arahkan ke Settings>Gear Info dan tekan beberapa kali pada Software version. Kembali dan aktifkan mode USB Debugging di Galaxy Gear.
  3. Karena tutorial ini kemungkinan akan menghapus semua data pada smartwatch Anda, cobalah untuk membuat cadangan data (back up).
  4. Jika perangkat mati karena kurangnya daya baterai saat proses instalasi, itu bisa merusak perangkat Anda. Oleh karena itu, Galaxy Gear harus memiliki muatan daya baterai di atas 80%.
  5. Perangkat akan kehilangan custom ROM dengan instalasi firmware resmi. Custom recovery juga akan digantikan oleh versi stock.
  6. Perangkat akan tidak lagi menjadi milik versi rooted dengan instalasi firmware resmi.
  7. Firmware resmi Tizen 2.2.1.1 hanya bekerja dengan Samsung Galaxy Gear model SM-V700.

File yang harus didownload

Bagaimana menginstal Tizen 2.2.1.1 pada Galaxy Gear SM-V700
  1. Ekstrak firmware zip hasil download dengan menggunakan WinZip/WinRar/7-Zip untuk mendapatkan file .tar.md5 dengan beberapa file lainnya, yang merupakan opsional
  2. Ekstrak zip Odin untuk mendapatkan Odin3 v.3.09.exe dengan beberapa file lainnya
  3. Matikan Galaxy Gear
  4. Tempatkan perangkat ke Download Mode dengan menekan dan menahan tombol Home, Power dan Volume Down secara bersama-sama
  5. Jalankan Odin sebagai Administrator pada komputer Anda
  6. Hubungkan Galaxy Gear ke komputer menggunakan kabel USB ketika sedang dalam Download Mode. Tunggu beberapa saat sampai Odin mendeteksi perangkat
  7. Di Odin, klik tombol AP dan pilih file firmware dengan ekstensi .tar.md5
  8. Aktifkan kotak centang Auto Reboot dan F.Reset Time di Odin. Pastikan kotak centang Re-Partition tidak ikut dicentang
  9. Verifikasi dulu semuanya dan klik tombol Start di Odin. Proses instalasi akan dimulai sekarang dan memakan waktu beberapa menit untuk selesai
  10. Setelah proses instalasi selesai, Galaxy Gear akan restart secara otomatis

Tizen 2.2.1.1 sekarang sudah terpasang pada Galaxy Gear Anda. Arahkan ke Settings>Gear info untuk memverifikasi versi software baru.

Selamat mencoba.

1 komentar:

  1. Setelah software diupdate, aplikasi pihak ke3 tidak muncul notifikasinya seperti BBM, Email dll hanya Pesan & panggilan masuk, mohon bantuannya untuk mengatasi masalah ini? Apakah harus di Downgrade lagi ke versi originalnya, mohon bantuannya, terimakasih

    BalasHapus