Senin, 09 Juni 2014

Tutorial cara root Samsung Gear SM-V700 di Tizen


Jika Anda pemilik smartwatch Samsung Galaxy Gear, Anda mungkin sudah tahu bahwa Samsung telah memutuskan untuk mengganti sistem operasi yang dijalankannya dari Android menjadi Tizen di update terbarunya, dan mengganti nama Galaxy Gear menjadi Gear saja. Hal ini tidak sepenuhnya buruk karena Samsung ingin membuat semua perangkat wearable buatannya memiliki OS yang sama. Tetapi bagi mereka yang telah melakukan rooting pada Galaxy Gear mereka sebelumnya, mungkin akan bertanya-tanya apakah Tizen masih mampu memberikan hak akses root seperti yang dilakukan oleh Android.

Jawabannya adalah ya. Tizen juga menyediakan fasilitas buat Anda untuk menjadi Superuser pada Samsung Gear melalui panduan di bawah ini.

Rooting adalah istilah yang biasa digunakan oleh pengguna OS 'Unix-like' untuk mendapatkan hak administratif pada perangkat mereka. Setelah melakukan rooting pada perangkat, kita kemudian dapat membuat perubahan untuk menyesuaikan dengan keinginan kita yang jauh melampaui apa yang biasanya bisa dilakukan secara 'normal.' (Tentu saja Anda juga harus siap dengan resikonya karena bagaimanapun juga produsen perangkat telah menyiapkan kondisi terbaik buat perangkat buatannya demi kenyamanan penggunanya)

Anggota XDA Developers asal Korea, Jijonhyuni ​​telah menemukan metode root buat Samsung Gear (SM-V700) yang sudah menggunakan OS Tizen. Rooting untuk software Tizen adalah paket flash odin. Pihak developer juga telah berbagi tutorial cara root yang mudah.

Pengguna Galaxy Gear yang belum meng-update perangkat mereka ke Tizen, dapat mengikuti panduan langkah-langkah berikut ini. Kita perlu mengingatkan terlebih dulu kepada pembaca bahwa kita tidak akan bertanggung jawab atas akibat apapun yang terjadi. Pengguna juga disarankan untuk memverifikasi apakah perangkat mereka memenuhi persyaratan sebagai berikut.

Persyaratan awal
  1. Instal Driver USB untuk Samsung Gear untuk menghubungkan smartwatch dengan komputer. (Driver USB bisa didapatkan disini)
  2. Karena tutorial ini kemungkinan akan menghapus semua data pada smartwatch Anda, cobalah untuk membuat cadangan data (back up).
  3. Jika perangkat mati karena kurangnya daya baterai saat proses instalasi, itu bisa merusak perangkat Anda. Oleh karena itu, Gear harus memiliki muatan daya baterai di atas 80%.
  4. File root mungkin hanya kompatibel dengan Samsung Gear SM-V700 yang sudah menjalankan OS Tizen.
  5. Penerapan tutorial ini pada setiap varian Gear yang salah kemungkinan akan merusak perangkat, oleh karena itu verifikasi dulu nomor model Gear Anda.
  6. Perhatikan bahwa rooting perangkat wearable akan membatalkan garansi resmi dari produsen.


File yang harus didownload


Cara untuk rooting Samsung Gear SM-V700 yang berjalan pada Tizen
  1. Ekstrak firmware zip hasil download dengan menggunakan WinZip/WinRar/7-Zip untuk mendapatkan file v700_rootfs.img.tar
  2. Ekstrak zip Odin untuk mendapatkan Odin3 v.3.09.exe dengan beberapa file lainnya.
  3. Matikan Gear.
  4. Tempatkan perangkat ke Download Mode dengan menekan dan menahan tombol Home, Power dan Volume Down secara bersama-sama.
  5. Jalankan Odin sebagai Administrator pada komputer Anda.
  6. Hubungkan Galaxy Gear ke komputer menggunakan kabel USB ketika sedang dalam Download Mode. Tunggu beberapa saat sampai Odin mendeteksi perangkat.
  7. Di Odin, klik tombol AP dan pilih file root v700_rootfs.img.tar
  8. Verifikasi dulu semuanya dan klik tombol Start di Odin. Proses instalasi akan dimulai sekarang dan memakan waktu beberapa menit untuk selesai.
  9. Setelah proses instalasi selesai, Gear akan restart secara otomatis.

Perangkat Gear Anda sekarang seharusnya sudah di rooting dengan sukses melalui Tizen, dan Anda bisa melakukan modifikasi seperti mematikan suara kamera dan lainnya. Untuk pertanyaan lebih lanjut Anda bisa berdiskusi di forum XDA Developers disini. Selamat Mencoba.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar