Rabu, 11 Juni 2014

Samsung Tizen TV akan diluncurkan di CES 2015


Samsung TV berbasis sistem operasi (OS) Tizen yang dijadwalkan akan diluncurkan pada paruh kedua tahun ini kemungkinan akan sedikit tertunda hingga awal tahun depan. Sementara versi penuh dari Software Developement Kit (SDK) untuk Tizen TV 1.0 akan meluncur sebelum akhir tahun ini.

Menurut Lee Tae-sung, salah seorang pejabat senior dari Samsung Electronics divisi Visual Display Business yang menghadiri acara Smart TV Technology Developer Conference 2014 "2014 스마트TV 기술 및 개발자 컨퍼런스" hari ini di COEX, Samsung-dong, Gangnam-Gu, Seoul, Korea Selatan, Tizen TV akan dirilis awal tahun depan. "OS Tizen yang kini secara resmi telah dipasang pada hardware TV kemungkinan akan dirilis awal tahun depan," katanya.

Seperti kebiasaan Samsung Electronics dan perusahaan elektronik konsumen besar lainnya, mereka selalu meluncurkan produk unggulan elektronik mereka - terutama TV - di pameran elektronik konsumen terbesar Consumer Electronic Show (CES) yang berlangsung tiap awal Januari di Las Vegas, Amerika Serikat. Selama ini Samsung selalu meluncurkan platform Smart TV versi terbaru di CES, dan untuk tahun depan sepertinya mereka akan memperkenalkan Tizen sebagai platform Smart TV 2015.

Pejabat ini juga mengatakan bahwa Tizen SDK terbaru akan dirilis sebelum akhir tahun ini. "Versi lengkap dari Tizen TV SDK 1.0 akan dirilis akhir Oktober hingga awal November mendatang," katanya.

Melihat timeline yang dipilih, kemungkinan Tizen TV SDK 1.0 akan diluncurkan saat berlangsungnya Tizen Developer Summit 2014 yang akan berlangsung pada bulan Oktober nanti di Shanghai, China, atau pada saat Samsung Developer Conference 2014 (SDC14) yang juga berlangsung pada bulan Oktober mendatang di Amerika Serikat.


Samsung Electronics sebelumnya telah memamerkan prototype Tizen TV saat berlangsungnya Tizen Developer Conference 2014 (TDCSF14) yang berlangsung minggu lalu di San Fransisco. Selain itu, Samsung TV SDK Beta berbasis Tizen juga diumumkan akan tersedia mulai awal Juli mendatang. Samsung TV SDK Beta berbasis Tizen mendukung standar HTML5 melalui framework yang disebut Caph dan memungkinkan pengembang untuk menulis aplikasi yang berjalan pada TV berbasis OS Tizen.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar