Selasa, 17 Juni 2014

Samsung Gear VR, virtual reality headset hasil kerjasama Samsung - Oculus?


Samsung Electronics dan Oculus VR dilaporkan berkolaborasi untuk membuat perangkat virtual reality (VR) yang menggunakan layar OLED dari smartphone Samsung yang beresolusi tinggi sebagai layar nya. Berdasarkan merek dagang terbaru yang diajukan oleh Samsung, perangkat wearable futuristik ini akan dinamakan Samsung Gear VR.

Menurut laporan dari Engadget, Oculus VR akan menangani bagian software dari VR headset baru ini, sementara Samsung pada hardware nya. Oculus telah memberikan Samsung akses awal untuk mobile software development kit (SDK), dan sebagai imbalannya Samsung akan menyediakan Oculus dengan akses dini untuk layar OLED generasi berikutnya milik mereka.

Layar OLED yang digunakan oleh Oculus dilaporkan memiliki resolusi lebih tinggi dari 1080p, dan dapat digunakan di beberapa perangkat mobile unggulan Samsung berikutnya.

Headset baru ini akan menggunakan smartphone Samsung sebagai layar; prototipe yang saat ini sedang diuji menggunakan referensi hardware Galaxy S4, meskipun model untuk konsumen akhirnya nanti kemungkinan akan dijalankan pada model smartphone masa depan yang berbeda. Saat ini, pengguna berinteraksi melalui UI dengan menganggukkan kepala Anda di obyek mengambang dalam ruang virtual 3D, meskipun ini mungkin tidak akan digunakan di produk akhir, karena interaksi lain seperti melalui suara, sentuhan, dan gamepad juga akan tersedia.

Pada bulan Juli 2013, Oculus mengungkapkan ambisinya bahwa di tahun 2014 ingin menghadirkan dukungan virtual reality pada ponsel generasi berikutnya. Facebook membeli Oculus VR, pembuat Oculus Rift, pada awal tahun ini dengan harga $2 milyar.

Seperti diberitakan sebelumnya, Samsung juga sedang bekerja untuk membuat platform game multi-screen berbasis Tizen yang akan memanfaatkan perangkat mobile dan Smart TV. Samsung bekerjasama dengan Unity untuk menghadirkan SDK buat pengembangan game multi-screen yang kemungkinan akan meluncur pada bulan Juli mendatang.

Situs SammyToday yang pertama kali mengungkapkan bahwa VR headset ini akan menggunakan nama Samsung Gear VR. Dan hari ini terungkap bahwa pplikasi merek dagang untuk nama tersebut telah dipenuhi dalam US Patent dan Trademark Office dengan nomor aplikasi 86307636, tertanggal 12 Juni. Anda bisa melihatnya di: http://tsdr.uspto.gov/#caseNumber=86307636



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar