Profesor Stanford hadirkan platform messaging terbuka yang mengutamakan privasi buat Tizen


Salah satu pembicara utama di Tizen Developer Conference 2014 kemarin yang mewakili komunitas Tizen adalah Monica Lam, seorang profesor ilmu komputer di Stanford University sejak tahun 1988, yang sekarang mengambil cuti. Dia adalah CEO dari startup MobiSocial, pembuat Omlet, sebuah platform messaging terbuka dan bisa diprogram.

Dalam presentasinya pada hari Selasa kemarin, Lam berencana untuk mengumumkan bahwa aplikasi messaging Omlet - dan fokus penuh mereka pada privasi - sekarang dapat berjalan di smartwatch Gear 2 berbasis Tizen, yang dirilis oleh Samsung mulai bulan April kemarin.

Gear 2 menjalankan aplikasi Omlet akan dapat dengan cepat, dalam dua klik, mengirim foto yang diambil dengan kamera smartwatch, untuk teman-teman. Pengguna Gear 2 juga akan dapat memulai pesan suara dan teks baru saat berjalan atau di mana saja, dan menanggapi notifikasi bahwa seseorang telah mengirim sms, email atau disebut dengan 'canned response.'

Beberapa teks dalam canned response seperti, "Saya akan menelepon lagi nanti (I'll call you later)," sudah ada di Gear 2, tapi Omlet dirancang untuk membuat proses menjadi lebih sederhana.

Lam mengatakan dalam sebuah wawancara sebelum keynote bahwa dia berharap Omlet akan menjadi platform messaging terbuka yang menjadi umum di seluruh perangkat yang digunakan dalam mobil, wearable dan di tempat lain di industri berkembang yang disebut Internet of Things. Perangkat tersebut membutuhkan OS yang efisien seperti Tizen, dan tidak bisa terakomodasi penuh di Android.

"Yang penting adalah untuk semua perangkat untuk saling berbicara," katanya. "Sebuah platform messaging terbuka yang dibutuhkan untuk semua untuk menstandarisasi yang diatas."

Premis sentral Omlet adalah bahwa pengguna dapat sepenuhnya mempertahankan kontrol pada pesan, foto dan video mereka - menyimpan data dalam akun cloud mereka sendiri seperti DropBox dan keluar dari cengkraman perusahaan besar seperti Facebook atau Google yang seringkali menggunakan data penggunanya untuk dijual kepada pengiklan.

"Omlet adalah cara yang menyenangkan dan aman untuk terhubung dengan teman-teman menggunakan alat jangkauan terluas untuk ekspresi diri sementara masih memberikan Anda ketenangan pikiran bahwa data Anda tidak akan pernah menghasilkan uang atau dijual untuk mendapatkan uang," kata situs resmi Omlet.

"Setiap orang berusaha untuk membuat uang dari menggunakan data orang dan kami percaya kami tidak bisa menyandera data orang-orang," kata Lam.

MobiSocial telah menulis sebuah platform untuk pengembang (Software Developer Kit, atau SDK) untuk menulis aplikasi di atas platform Omlet yang menghormati privasi tingkat tinggi di Omlet.

Sebagian besar pekerjaan pengembangan akan dilakukan dalam HTML5, meskipun pengembang Omlet harus menulis kode terpisah dari HTML5 untuk bisa bekerja dengan baik di Tizen dan Android menggunakan SDK, kata Lam. "Kami standarisasi di tingkat Web, sehingga tidak peduli apa OS tersebut."

"HTML5 adalah terlalu lambat dan tidak pantas untuk menulis browser, tapi begitu kita telah melakukan pekerjaan kami, sangat mudah untuk menulis aplikasi dengan Omlet dalam HTML5," tambahnya.

Lam memiliki ambisi tinggi untuk MobiSocial, meskipun prospek jangka panjang Omlet sebagai generator pendapatan tidak jelas. Bagian dari semangatnya berasal dari bekerja selama 26 tahun sebagai seorang profesor universitas di mana telah mempengaruhinya untuk mendorong sebuah perubahan yang luas.

"Kami akan mengubah dunia seperti kita memungkinkan banyak pengembang untuk menulis aplikasi yang menghormati privasi," ia berjanji.

Pendapatan bisa berasal dari pembayaran dari pembuat smartphone yang menggunakan Omlet sebagai aplikasi native pada perangkat mereka, dia menyarankan, tapi dia tidak akan mengungkapkan rincian apapun.

Lam berharap fitur privasi Omlet dapat memiliki nilai bagi masyarakat dan terutama untuk pengembang dalam sistem terbuka.

"Kita akan bangkrut sekarang, tapi ini akan mengubah cara orang untuk berbagi dan menulis kode," katanya. "Kami adalah kelompok universitas dan telah menghabiskan segalanya, yang menyebalkan dibandingkan dengan di mana kita bisa. Tapi kami mengubah segalanya."

Comments