Rabu, 18 Juni 2014

AhnLab, penjaga gawang keamanan Tizen Store


AhnLab, perusahaan penyedia solusi layanan software keamanan, telah digandeng oleh Samsung Electronics untuk meningkatkan keamanan aplikasi di Tizen Store dengan menyediakan sistem pemeriksaan keamanan dan memperkenalkan proses verifikasi yang intensif untuk aplikasi yang masuk.

Berdasarkan platform AhnLab Mobile Smart Defense (AMSD), AhnLab telah mengembangkan platform analisa aplikasi berbasis cloud yang memverifikasi keamanan setiap aplikasi Tizen di Tizen Store. Beberapa perizinan yang diterapkan oleh AhnLab untuk setiap aplikasi termasuk: akses informasi pribadi, akses informasi layanan, akses informasi lokasi, layanan pengisian dan akses informasi perangkat. Melalui analisis ini, bisa ditemukan tingkat risiko dari masing-masing aplikasi apakah layak untuk diklasifikasikan sebagai berbahaya buat penggunanya atau tidak.

Sedangkan sistem analisis keamanan dari AhnLab akan memfilter ancaman keamanan seperti malware, pelanggaran integritas, pola serangan web untuk memastikan keamanan dari tiap aplikasi. Paket analisa statik akan menganalisa aplikasi tanpa eksekusi, dan analisa dinamik akan menganalisis perilaku runtime dari tiap aplikasi.

Analisa dinamik memiliki keterbatasan yang berkaitan dengan ROI, tetapi tanpa teknologi analisa dinamis tidak akan bisa mendeteksi perilaku berbahaya yang cerdas yang dimulai selama runtime. Untuk mengatasi keterbatasan analisa dinamik, AhnLab akan menambahkan teknologi pengenalan dan akan meningkatkan cakupan dan efektivitas analisis dinamik.

"Peninjauan keamanan dan verifikasi adalah bagian yang sangat penting," kata Ko Seung-won dari AhnLab. "Dengan memahami proses validasi aplikasi di Tizen Store tentunya juga akan menghemat waktu pengembangan aplikasi buat pengembang Tizen," tambahnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar