Rabu, 21 Mei 2014

Tizen Common, proyek untuk membangun dasar dari semua profil TIZEN


Tizen Common adalah dasar (common base) untuk semua profil yang didukung oleh sistem operasi (OS) TIZEN, baik itu IVI, Mobile, wearable, TV dan profil yang akan datang lainnya. Proyek Tizen Common menyediakan sebuah platform umum untuk pengembang dan integrator. Sebelumnya proyek ini dinamakan Tizen Generic hingga akhir kuartal pertama 2014.

Tujuan utama dari Proyek Tizen Common adalah untuk menjamin kualitas dan stabilitas dari Tizen Common, yang sangat penting untuk profil TIZEN lainnya; memastikan rilis TIZEN 3.0 Common memenuhi kriteria rilis Alpha sebelum Tizen Developer Conference; dan memberikan pengembang kemampuan untuk menjalankan tes melalui sisi mereka untuk meningkatkan kualitas integrasi.

Software yang tersedia saat ini dibagi dalam beberapa modul:
  • Base: sistem dasar (base) termasuk sistem tool yang umum, konektivitas dan keamanan
  • Wayland subprofil: Base + wayland, weston, crosswalk, Tizen web framework...dalam lingkungan Wayland murni
  • Base-minimal: sistem inti (core) yang dikurangi menjadi tampilan yang paling sederhana (tanpa UI, hanya tty)
  • Tool Pengembangan: toolchain, developer tool...
  • Tool QA: tool QA khusus untuk tes manual dan unmanned

Package dan image dari Tizen Common telah dan akan dibangun untuk arsitektur berikut:
  • i586, dengan referensi hardware diantaranya Intel Haswell NUC (Core i3, Core i5) dan Lenovo x230 IvyBridge (Core i5)
  • x86_64, dengan referensi hardware diantaranya Intel Atom NUC - Bay Trail, Intel Minnowboard MAX (Atom E38xx), VTC 7120-BK (Celeron 847E) dan VTC 1010 (Atom E3827)
  • armv7l
  • aarch64

Sedangkan untuk arsitektur display didasarkan pada X atau Wayland, dan merupakan pilihan dari setiap profil di TIZEN 3.0.

Tizen Common Desktop (seperti gambar diatas) telah dirancang untuk secara konkret menunjukkan kelayakan dari arsitektur multiuser di TIZEN 3.0. Hal ini juga menunjukkan upaya integrasi toolkit yang berbeda, dalam sebuah tampilan sistem Wayland/weston yang unik.

Komponen utama dari desktop ini adalah Tizen Launcher, yang merupakan aplikasi kustomisasi Wayland yang memungkinkan untuk menampilkan aplikasi yang tersedia untuk setiap pengguna (user). Setiap pengguna memiliki 2 jenis aplikasi, yaitu aplikasi yang di sharing dengan pengguna lainnya dan aplikasi Web mereka sendiri.

Berikut video demonya di armv7l sunxi.



Untuk lebih jelasnya tentang proyek Tizen Common, Anda bisa melihatnya di:
https://wiki.tizen.org/wiki/Common


Tidak ada komentar:

Posting Komentar