Senin, 12 Mei 2014

Servo ingin menjadi engine browser tercepat mulai tahun ini


Pada bulan April 2013, Mozilla mengumumkan bahwa mereka telah bekerjasama dengan Samsung untuk membangun engine browser web baru untuk hardware generasi baru, yaitu perangkat mobile dengan prosesor multi-core dan GPU berkinerja tinggi. Setahun berselang, engine browser yang bernama Servo ini punya ambisi untuk mengalahkan kinerja engine browser yang telah ada seperti Gecko, WebKit, Blink, Trident dan lainnya.

Servo dibangun dengan Rust, bahasa pemrograman baru mirip C++ yang juga sedang dikembangkan oleh Mozilla dengan tujuan untuk memberikan landasan yang aman dan handal dengan menghindari penggunaan memori yang berlebihan dan buffer overflow, vektor serangan umum yang sering dijumpai browser saat ini. Mekanisme task yang ringan dari Rust menjanjikan untuk memungkinkan untuk isolasi yang halus antara komponen browser, seperti tab dan ekstensi, tanpa perlu skema perlindungan runtime yang mahal, seperti isolasi proses sistem operasi.


Kontribusi Samsung disini dalam hal porting ke prosesor berjenis ARM.

Halaman web terus tumbuh dalam hal besaran dan kompleksitasnya, dan halaman web ini akan semakin sering diakses melalui browser pada perangkat mobile daripada desktop PC. Sedangkan pertumbuhan hardware pada perangkat mobile lebih pada penggunaan prosesor dengan banyak core (multi-core), bukannya pada kecepatan core.

Samsung melihat bahwa penyebab dari lambatnya browser web karena tidak bisa memaksimalkan semua core, karena terjebak pada penggunaan core tunggal atau single core. Dan code JavaScript selama ini juga berjalan pada thread tunggal.

Servo juga dianggap sebagai pengganti yang pas untuk WebKit, yang selama ini banyak digunakan pada perangkat Samsung yang menggunakan teknologi web.

Keterlibatan Samsung pada pengembangan Servo hampir mirip dengan kontribusi mereka pada penciptaan WebCL, yang memungkinkan aplikasi web atau HTML5 untuk memaksimalkan penggunaan sumber daya komputasi yang tersedia seperti CPU dan GPU multi-core.

Pengembangan Servo akan difokuskan pada paralelisme dan keamanan. Protype Servo saat ini dikembangkan untuk Mac OSX 64bit dan Linux 64bit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar